steffifauziah's blog

Sharing Everything In A Good Way, Insyaallah!

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis, Mudah Loh!

Hai, Sobat Blogger!


Siapa yang masih saja membuat daftar isi manual? Duh, sudah enggak zamannya loh. Sekarang Microsoft Word sudah semakin canggih. Saya pengguna Microsoft Word 2010 dan semakin banyak update-an dalam membuat sebuah dokumen salah satunya membuat daftar isi.

Berawal dari menjadi PJ (Penanggung Jawab) dalam sebuah buku antologi. Maka, saya harus bisa membuat daftar isi yang otomatis, enggak lagi pakai yang manual. Lama bok! wkwkwkwk. Bisa-bisa tahun depan deh baru beres *lebay abis, wkwkwk. Karena ya, jika membuat daftar isi secara manual terkadang pas ada yang mau kita rubah halamannya. Lalu, daftar isinya juga harus di rubah kan nomer-nya. Nah, bolak balik melihat nomer-nya ini yang bikin lama banget dan enggak efektif, heu.

Sedangkan pekerjaan saya enggak hanya menjadi PJ Antologi aja *belagu banget wkwk. Bisa-bisa pekerjaan rumah bisa terbengkalai hanya gara-gara mengurus daftar isi, wkwkwk. Makanya, itu belajar membuat daftar isi otomatis sangat perlu loh.

Sebagai penulis enggak hanya bisanya menulis dengan baik dan benar saja. Tetapi juga kudu banget punya skill yang lainnya. Terutama masalah per-microsoft-an. Setuju dong ya? Dengan begitu, kita akan melaju selangkah lebih depan. Kenapa begitu? Karena enggak malas untuk belajar ilmu baru, hihi. Setiap ilmu itu penting dipelajari. Apalagi mengenai Microsoft Word yang sering banget, oleh seorang penulis, digunakan untuk menulis. Nah, minimal hal-hal dasar seperti membuat daftar isi otomatis tau lah.

Jika sampai sekarang kamu pun masih belum paham dan enggak tau cara membuat daftar isi otomatis. Tenang aja enggak usah panik! Akan saya kupas tuntas tutorial-nya disini. Dijamin abis baca tutorial yang saya tuliskan disini. Kamu bisa langsung praktek dan akhirnya bisa deh membuat daftar isi otomatis. Enggak lagi deh pakai manual, hihi. Malu, ah, sudah enggak zaman daftar isi manual.

Tak usah berpanjang-panjang deh saya ceritanya, ya. Nanti bosan terus pada kabur, wkwkwk. Baiklah simak ulasan membuat daftar isi otomatis di bawah ini. Check this out! *gaya banget pakai bahasa londo, wkwkwk.

Mudahnya Membuat Daftar Isi Otomatis

1. Buka Microsoft Word di desktop

2. Cari menu "References"


3. Klik menu "Table of Contents"


4. Pilih "Automatic Table 1" (Perlu di perhatikan bahwa ada tulisan "Heading 1", maka setiap judul wajib dirubah menjadi "Heading 1" dulu)


5. Rubah judul menjadi "Heading 1"


6. Kembali lagi ke nomer 4 dan klik "Automatic Table 1"

7. Selamat! Daftar isi otomatis telah jadi


8. Jika ingin merubah bisa klik "Update Table"


9. Ada 2 pilihan "Update Page Numbers Only" (ini hanya merubah nomer halaman saja) dan "Update Entire Table" (ini untuk merubah keseluruhan daftar isi, jika ada tambahan judul yang belum masuk di daftar isi)


10. Begini tampilan daftar isi jika sudah selesai di buat

Alhamdulillah, jadi juga kan daftar isi otomatisnya ~

Nah, bagaimana mudah sekali ya membuat daftar isi otomatis. Enggak pakai ribet dan susah. Gampang bin efektif banget. Kalau menurut saya ya, menggunakan daftar isi otomatis membuat pekerjaan jadi lebih mudah dan cepat selesai. Jadi, kita pun bisa menyelesaikan kerjaan yang lain.

Selain itu, enggak bikin stress. Jika membuat daftar isi manual tentu tingkat stressnya lebih tinggi. Kenapa? enggak praktis dan enggak efektif. Harus satu-satu merubahnya. Apalagi jika ada tambahan judul. Duh, bikin malas deh ngerubah semuanya. Belum lagi bolak-balik melihat nomer halamannya, heu. Bagaimana kalau dokumen yang sedang kita bikin daftar isinya ini ada 1000 halaman? Duh, teler banget pasti kalau menggunakan daftar isi secara manual.

Setelah kita belajar bareng membuat daftar isi otomatis. Tentu, mau isi dokumen ada 1000 halaman atau 10.000 halaman. Enggak bikin kita pusing dan sakit kepala, ya, hehe. Jadi, kamu sudah tambah ilmu ya hari ini. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat!

Salam,

Comments

  1. Ihihii ini aku udah tau mbak waktu pas dulu sekolah sering bikin makalah jadi aja jagonya nih udah ga manual lagi ngetik titik-titik hehe

    ReplyDelete
  2. Wah keren banget mau ah coba juga....
    Makasih ya mbak ilmunya. Selama ini masih pakai cara manual nih.

    ReplyDelete
  3. Cakeeeep dan keren tambah ilmu lagi nih bintangin ah

    ReplyDelete
  4. Emang bener tuh. Ada fasilitas daftar isi otomatis di Word. Enaknya lagi...kalau kita klik salah satu sub bab...tarrra...kita langsung loncat ke sub bab tersebut. Engga perlu nyari²...
    Makasih Mbak...

    ReplyDelete
  5. Keren, terima kasih Mbak Steffi...
    Duluuu kayaknya pernah tahu, tapi sudah lupa, sudah 10 tahun lebih baru mengakrabkan diri lagi sama Word.

    ReplyDelete
  6. Bener juga ya..kalau manual bikinnya bisa-bisa sampai lebaran kuda enggak kelar bikin daftar isinya..
    Terima kasih ilmunya, Mbak

    ReplyDelete
  7. Seneng deh main ke blog ini. Banyak info bermanfaat. Makasih ya mba Steff

    ReplyDelete
  8. Makasih banget mbak, infonya, satu solusi dapet lagi dari blog ini , muaaahhh

    ReplyDelete
  9. Saya masih pake manual dan kayaknya gak ribet, kok. Hehehe. Btw, iya deh saya akan coba pake cara ini. Biar besok2 kalau jadi PJ bisa lebih gampang bikinnya

    ReplyDelete
  10. wew...ternyata gak bikin surat aja ya yang otomatis, eh bikin daftar isi juga bisa. Hahaha... ketahuan deh malas coba-coba di word

    ReplyDelete
  11. Waaah....makasih ilmunya. Saya sering bikin daftar ini tp manual. Alhamdulillah...sekarang udah tau caranya. Makasih Mba Steffi

    ReplyDelete
  12. Waahhh Asli ilmu ini manfaat banget deh. Semoga bisa punya buku solo jadi bisa kepake deh ilmu daftar isi otomatis ini

    ReplyDelete

Post a Comment

back to top