steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Jangan Copas Tulisan dari Ms. Word ke Blog!

Hi, Sobat Blogger!


Galak banget sih judulnya, wkwkwk. Enggak sih, saya tulis judul itu enggak pakai ngamuk apalagi pakai getokin orang, wkkwwk. Enggak kok. Tapi di judul itu saya hanya mengingatkan untuk enggak lagi copas tulisan yang akan di publish ke blog melalui Microsoft Word. Apalagi copas-nya benar-benar copas enggak pakai tendeng aling-aling *emang apaan wkwkwk.

Jadi, ya sebenarnya hal ini terlarang loh. Sudah banyak buanget artikel di luaran sana yang membahas ini. Terus kenapa saya juga ikutan menulis ini? Ya, supaya saya mudah memberitahukan tips-nya melalui blog saya. Jadi, saya enggak capek googling lagi gitu buat kasih tau ke orang-orang yang menanyakan perihal ini ke saya. Praktis kan kalau di blog saya juga ada tips dan trik-nya mengenai masalah ini, hehe.

Sebenarnya untuk hal ini dari beberapa bulan yang lalu sudah sering kejadian sih. Tapi, saya baru sempat aja membuat tips-nya di blog saya. Berawal dari sebuah grup di whatsapp. Banyak emak-emak yang semangat banget bikin blog baru atau pun kembali mengisi blognya dengan tulisan-tulisan. Tetapi ada salah satu hal yang seharusnya emak-emak ini hindari, yaitu copas langsung dari Ms. Word ke blog.

Lah emang enggak boleh, ya?

Iya lah enggak boleh. Mereka berdua kena kemusuhan belum baikan *apaan sih, wkwkwk. Jadi, ya, kalau kita langsung copas begitu saja nanti postingan yang di blog bisa hilang di blog home. Nah, ini salah satu dampaknya aja sih. Ada beberapa dampak lainnya sebenarnya. Penasaran? Yuk, cek ulasannya di bawah ini, gaes.

Dampak Copas Tulisan dari Ms. Word ke Blog

1. Postingan di Home Tidak Seperti Seharusnya

Sedih akutuh kalau kalau postingan di home rusak ~

Sewaktu saya me-renovasi blog seseorang, pernah terdapat hal yang janggal di blognya. Apa tuh? Jadi, ketika saya sign di blog post sebanyak 5 post, yang muncul hanya 2. Nah, loh aneh bin ajaib kan tuh? Akhirnya ketika saya wawancara yang punya blog, kejanggalan saya terbukti. Dia menulis di Ms. Word dulu baru lah di masukkan ke blog. Ya, pantes sih jadinya di home enggak sesuai dengan apa yang telah saya setting.

Ada kode-kode di Ms. Word yang memang enggak bisa di blog. Jadi, ketika kita copas langsung di blog, terjadilah hal-hal yang enggak seharusnya. Kode-kode ini yang merusak. Harus dimusnahkan dulu supaya di blog home enggak terjadi hal seperti ini lagi. Betul saja, pas saya benerin semua postingan-nya muncul. Begitu saya sign 5 post di blog post. Beneran ada 5 post dan enggak hanya 2. Wah, lega banget pas tau solusinya apa, hihi.

2. Tampilan Blog Menjadi Semerawut

Sudahi gaes, mulai detik ini, yes!

Ada lagi kejadian sewaktu saya me-renovasi blog, yaitu di home-nya enggak ada postingan sama sekali. Padahal di dashboard sudah banyak tulisan yang publish. Ketika di search tulisannya juga muncul loh. Lalu apa yang salah? Yap, lagi-lagi karena copas langsung dari Ms. Word.

Baiklah akhirnya saya coba benahi lagi dengan cara-cara yang saya tau. Hingga akhirnya di home-nya telah muncul satu persatu tulisan yang telah publish. Yap, begitulah memang jika langsung copas dari Ms. Word, enggak akan cantik jadinya si blog malah makin semerawut. Nah, jangan lagi ya copas langsung ~

3. Postingan yang Telah di Buat Hilang

Gaib gitu ya, tiba-tiba hilang postingannya, hmm ~

Seperti kejadian yang di atas. Postingan yang telah di buat hilang begitu saja ketika di lihat di template blog, tetapi di dashboard blog ada. Kan bikin yang punya blog deg-degan setengah mati. Dikira itu tulisan lari atau kabur kemana gitu, heu. Namun, kesalahannya ya sama copas dari Ms. Word ke blog! Nah, kan bikin geger aja deh dunia blogger, hehe.

Nah, tapi dengan beberapa cara yang telah saya pelajari dengan mudah semua postingan yang telah di buat kembali muncul ke home. Enggak bikin deg-degan lagi tapi malah bikin senyum-senyum si pemilik blog karena lega tulisannya bisa di baca lagi oleh para pengunjung!

Jadi sudah tahu kan sekarang konsekuensi dari copas tulisan melalui Ms. Word ke blog. Berarti enggak boleh dong menulis di Ms. Word dulu? Boleh aja sih, tapi ada cara aman-nya. Supaya blog tetap terjaga dan postingan enggak hilang. Bagaimana sih caranya? Ada 3 cara yang bisa kamu ikuti. Apa saja ya? Simak ya caranya dan praktekan!

Cara 1 : Copas dengan Menggunakan Tempel Sebagai Text Biasa

Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah sebelum copy paste seperti biasa. Cobalah dirubah dulu menjadi text biasa. Agar kode-kode terlarang yang di dapat di Ms. Word hilang dan postingan kamu di blog tetap aman. Bagaimana caranya?

1. Copy semua tulisan yang berada di Ms. Word

2. Buka dashboard blog

3. Klik entri baru untuk membuat postingan baru

4. Klik kanan pada halaman post

5. Pilih "Tempel Sebagai Teks Biasa"

Pilih "Tempel sebagai teks biasa" bukan yang lain ya, gaes!

6. Selesai! Dengan begitu tulisan kamu telah aman terposting di blog

Aman banget kan pakai cara ini. Tentunya kamu enggak perlu ketakutan lagi jika postingan kamu hilang. Pakai cara ini tetap bisa menulis di Ms. Word dan dipindahkan ke blog kok. Aman tenang aja! Hihi.

Cara 2 : Paste Terlebih Dahulu di Notepad

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan copas semua tulisan dari Ms. Word ke notepad dulu baru deh ke blog. Memang agak lebih ribet, tetapi ini menghindari hal-hal yang tak diinginkan di blog kamu loh. Ribet sedikit enggak apa-apa yang penting blog kamu aman. Iya enggak? Hihi.

1. Copy semua tulisan yang berada di Ms. Word

2. Buka notepad di desktop

Copas dulu di notepad, ya, gaes!

3. Paste semua tulisan yang telah di copy dari Ms. Word

4. Copy lagi semua tulisan yang berada di notepad

5. Paste semua tulisan yang telah di copy ke blog

Salah satu cara ini memang agak sedikit ribet, tetapi juga aman terkendali loh. Nah, bagi kamu yang ingin menulis dulu di Ms. Word jangan lupa sebelum copas tulisan masukin ke notepad dulu ya. Supaya apa? Supaya kode-kode membandel dari Ms. Word punah, hilang dan pergi tak bersisa, wkwkwk.

Cara 3 : Langsung Menulis di Blog

Cara terakhir adalah dengan langsung menulis di halaman post di blog. Ini yang selama ini saya lakukan. Lebih simpel dan lebih efektif. Selain itu, menulis langsung di blog juga bisa di simpan karena ada telah tersedia tombol save. Enggak perlu di pencet juga biasanya sudah otomatis tersimpan sih, jadi aman banget. Saya pun lebih memilih langsung menulis di blog dibandingkan menulis dulu di Ms. Word.

Tombol penyelamat, hehe ~

1. Buka dashboard blog

2. Klik "Postingan"

3. Klik "Entri Baru"

4. Mulailah menulis dan berkreasi ~

Dari ketiga cara diatas tentu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, ya. Silahkan semua bisa kamu coba, ya. Bagi kamu yang biasanya lebih suka menulis dulu di Ms. Word saran saya lebih baik pakai cara satu karena lebih simpel. Tapi, kalau mau lebih aman dan yakin pakai aja cara 2.

Semoga tulisan saya kali ini pun bermanfaat, ya! Kalau kamu sendiri menulis di blog lebih suka pakai cara yang mana? Kasih tahu jawaban kamu di kolom komentar di bawah ini, ya!

Salam,

Comments

  1. Baru tahu, ternyata. Mungkin, ini pula menyebabnya beberapa hari yang lalu tulisanku mendadak hilang di blog padahal tetap nangkring cantik di dashboard. Karena gak nemu solusinya (kamu sih, dimintai tolong gak tanggap, hehehe), terpaksa saya ganti template. Nah, baru deh tuh postingan nongol semua.

    ReplyDelete
  2. Wah..makasih mb Epi..
    Bermanfaat nih. Saya sering juga nulis di WPS office dulu, Lalu tempel di blog.

    ReplyDelete
  3. Info yang sangat berguna, baru tahu kalau bisa hilang tulisan kita. Terima kasih mbak

    ReplyDelete
  4. Wah... Sy biasanya copy Dr word. Makasih infonya

    ReplyDelete
  5. Saya banget ini, nulis di Ms. Word dulu. langsung deh copy paste. Sejauh ini sih belum ada masalah. tapi berikutnya mau niru yang cara pertama saja ah.
    Thanks ya mbak Steff

    ReplyDelete
  6. Bener banget, pertama tahu ini langsung nggak pernah lagi nulis di Ms.Word. Lebih prefer nulis pake notepad dengan teknik Markdown.

    Emang sih ada 2x proses ketika copas ke blog, terutama untuk ngatur format teks. Tapi gpp, itung-itung sambil baca ulang buat mastiin nggak ada typo dan kesalahan lainnya.

    ReplyDelete
  7. WOOUUUWWwhhh....ternyata mengerikan yah resikonya, kenapa Ms.Word begitu sih sama blog, kenapa Ms.Word harus pake kode-kodean yang bisa ngerusak segalanya? Kenapa blog gak mau mencoba mengerti kode-kodeannya? Kenapa?! WHY??

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.

back to top