steffifauziah's blog

Sharing Everything In A Good Way, Insyaallah!

Alasan "Kudu" Ikut ODOP!

Halo, Sobat Blogger!


Tau kenapa ODOP itu penting?

Apaan tuh ODOP?

Eh ternyata enggak semua tau apa itu ODOP, ya, hehe. ODOP itu One Day One Post. Satu hari satu postingan. Posting dimana? Di blog. Tapi kenapa bisa penting ikut ODOP itu? Ya, penting lah. Untuk para blogger pemula atau penulis pemula. Adanya ODOP ini bisa menjadi ajang dalam melatih menulis loh.

Menulis itu kan enggak melulu karena bakat. Jika sering dilatih setiap orang mudah untuk menjadi penulis. Nah, ODOP ini salah satu sarananya. Jadi, begitulah kudu banget sebenarnya ikutan ODOP. Untuk saya pribadi, ODOP ini membantu saya rajin nulis, khususnya di blog, hehe.

Kenapa harus di blog? Karena di blog itu bisa menulis apapun, dengan gaya menulis kaya gimana pun dan pastinya bebas sebebas bebasnya. Seru kan? Secara untuk para penulis pemula atau blogger pemula suka pusing kan sama tema, hehe. Apalagi sama kaidah-kaidah penulisan semacam PUEBI, dll. Duh, pasti bikin pusing pala barbie *lah barbie-nya siapa, wkwk.

Bukan berarti kaidah-kaidah penulisan enggak penting, ya. Itu penting banget justru. Tapi, untuk melatih menulis awal-awal, di buat seru-seru aja dulu, yang penting nyaman. Ketika feel menulis sudah dapat, sudah nyaman dan semakin tertarik menulis. Nah, baru deh pelan-pelan belajar self editing sendiri tulisan kita, gitu *sok ngajarin banget, wkwk.

Intinya di ODOP ini kita benar-benar dilatih menulis setiap hari. Melatih kita mencari ide setiap hari juga pastinya, mematahkan writer block dalam diri dan mengembangkan tulisan kita menjadi lebih baik. Seru ya, gaes!

Untuk itu, saya akan memberikan bocoran. Bocoran apa tuh? Bukan soal UAN, yes, wkwk. Tapi ini bocoran alasan kenapa kamu kudu, musti, harus, wajib ikut ODOP. Mau tau? Simak ulasan versi saya ya gaes, wkwk :

1. Melatih Mencari Ide Setiap Hari

Banyak ide kek lampu-lampu gini gaes, bertengger ~

Menulis setiap hari, kudu punya ide juga dong setiap saat. Enggak mungkin kan kita nulis tanpa punya ide hehe. Nah, dengan ikut ODOP, kita dilatih bagaimana cara mencari ide setiap hari. Jika perlu kita sudah punya ide selama sebulan penuh, gaes! Jadi, enggak pusing deh pas mau nulis. Ide sudah ada banyak gitu loh *sombong, wkwk.

2. Belajar Disiplin Waktu

Ayo mulai biasakan pasang jam, biar tau waktu ~

Enggak usah sedih, saya pun masih sering telat setor ODOP, wkwk. Padahal saya anaknya enggak suka liat orang lain telat, sebel bok nungguin-nya *lah jadi bahas yang lain, wkwk. Jadi, dengan ikut ODOP kita di paksa untuk belajar disiplin waktu. Sekarang sudah hari ke berapa ya harus dikejar jika telat. Biasa kan diri untuk disiplin waktu, karena ini penting banget. Jika kita sebagai penulis atau blogger enggak disiplin waktu, siapa yang mau ngajak kita kerjasama gaes? Duh, janganlah ya. Kita semua pasti bisa belajar disiplin waktu. Makanya ikut ODOP, gaes!

3. Komitmen

Sudah siap untuk komitmen menyelesaikan tulisan disini?

Komitmen menulis setiap hari, selama ODOP berlangsung, hehe. Ya, kalau enggak setiap hari juga enggak apa-apa lah. Saya juga enggak sih, tapi berusaha untuk mengebut ketinggalan. Tapi, enggak mengurangi kualitas tulisan dan isi dari tulisan di blog, ya meski ngebut ngejar ketinggalan, hehe. Sebisa mungkin saya tetap menomersatukan isi tulisan dan topik yang diangkat. Biar enggak malu juga pas share teman-teman yang lain, hehe. Jadi, komitmen mengerjakan ODOP hingga akhir batas waktu yaaa ~ Bismillah!

4. Manajemen Waktu

Ini pasti yang paling sulit, hehe. Kebanyakan pada curhat karena masalah manajemen waktu ini. Enggak mudah gaes emang! Apalagi buat emak-emak yang anaknya lebih dari satu, beuh. Saya yang belum punya anak aja berasa sulit, wkwk. Tapi bukan berarti enggak bisa yes. Jika kita bisa memanfaatkan waktu luang, pasti bisa nyuri waktu untuk nulis. Entah di handphone atau di notes. Intinya menulis dulu, nanti dipindahkan setelah waktu benar-benar luang *semoga ketemu waktunya gaes, wkwk.

5. Mengembangkan Tulisan

Ayo menulis, keyboarnya sudah siap ~

Seperti yang saya ceritakan di awal, bahwa menulis bisa melatih tulisan kita. Dari yang amburadul menjadi rapi dan enak di baca. Meski awal mula enggak mudah, dengan ikut ODOP, otomatis kita kan semakin lihai merangkai kata dan mencari kosa kata yang tepat. Dengan begitu tulisan kita kan semakin berkembang menjadi lebih baik deh. Wah, selamat setelah ikutan ODOP tulisan kamu jadi lebih berkualitas. Nah, alasan ter-kece ini gaes!

6. Menjauhkan Rasa Malas

Kalau kamu malas nanti di dor, wkwk ~

Tak perlu dipungkiri rasa malas akan selalu hinggap di sanubari ini, wkwk. Saya pun sama kok. Tapi ya kudu di lawan lah. Mau maju apa mau diam di tempat? wkwk. Kalau ingin maju dan ingin seperti blogger kece atau penulis senior lainnya, ya, kita juga kudu maju dong. Enggak ada keberhasilan itu di dapat dari malas-malasan. Cuman patrick temannya spongebob yang bisa mendapat penghargaan enggak ngapa-ngapain, wkwk. Kalau kita ya enggak bakal bisa dong! Karena kita hidup di dunia nyata bukan di bawah laut, wkwkw.

7. Membangun Semangat Menulis

Menulis sekarang juga, tanpa tapi tanpa nanti ~

Mengikuti ODOP, tentu kita kan semakin semangat menulis. Ingat poin ketiga komitmen. Jangan sampai semangat di awal aja, eh tapi di akhir ODOP jadi lemes, hehe. Ingat komitmen-nya lagi ya, supaya semangat lagi menulisnya. Ayo, yang sudah ikutan ODOP di awal, dikumpulin lagi pecahan semangatnya supaya bisa menulis, menulis dan menulis. Seru tau ikut ODOP!

8. Melakukan Hal Positif

Kaya botol gini, bisa buat tanaman loh, menulis pun sama ~

Menulis adalah suatu hal yang sangat positif. Dengan menulis kita dapat menebarkan kebaikan melalui tulisan. Tapi ingat menulis tentang yang baik-baik saja jangan yang menyindir seseorang atau kelompok, ya. Enggak boleh. Apalagi jika tulisan yang kita tulis dapat membantu orang lain juga. Wah, double deh kebahagiaan-nya. Untuk itu, ikut ODOP dan lakukan hal positif setiap hari!

9. Tidak Membuang Waktu Luang

Biasanya kita sering membuang buang waktu luang. Dengan tidur-tidur-an, memainkan handphone, atau nonton drakor enggak kenal waktu (ini saya, wkwk). Sebenarnya hal tersebut ya boleh aja sih, tapi ya kudu ingat porsi-nya juga. Jangan sampai kebablasan terus akhirnya waktu luang kamu terbuang begitu saja tanpa ada manfaatnya, hiks. Jangan, ya! Makanya alasan ikut ODOP satu-satunya cara supaya kamu enggak membuang waktu luangmu yang berharga!

10. Berkarya! Berkarya! Berkarya!

Ayo siap-siap untuk berkarya, ya ~

Ikut ODOP tentu kamu akan sering menghasilkan karya! Kok bisa? Ya, bisa lah karena kamu telah melatih menulis selama sebulan. Tulisan kamu semakin ciamik di baca. Terus kamu bisa dengan mudah ikutan berbagai macam lomba blog, diajak kerjasama sebuah perusahaan, menulis buku antologi, buku solo dan karya lainnya. Jadi, dengan ikut ODOP kamu akan semakin banyak karyanya loh. Masih yakin melewatkan kesempatan ini? Hmm, jangan sampai menyesal, yes!

Itulah beberapa alasan versi saya ketika mengikuti ODOP. Ada alasan kamu juga enggak diatas? Hihi. Sebenarnya ikut ODOP itu tergantung niat. Niat diawal ikut ODOP karena apa? Jika memang untuk melatih menulis supaya lebih baik lagi. Pasti dalam satu bulan ODOP akan terlihat tuh sebaik apa perkembangan tulisanmu. Nah, kita akan semakin percaya diri pasti setelah itu. Jika dulu masih malu-malu mau share tulisan kita ke sosial media. Sekarang? Sudah enggak dong! Buang rasa malu, hehe *gaya bingits.

Nah, itu tadi beberapa alasan yang sudah saya jabar kan diatas. Kenapa kamu wajib banget sih ikutan ODOP! Jangan lupa kasih tau alasan kamu juga ya, kira-kira yang mana dari alasan diatas? Ditunggu komentar kamu di bawah ini, ya.

Salam,

Comments

  1. Saya belum bisaaaaa. Manajemen waktunya amburadul. Thx anyway

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, semoga suatu saat berhasil menaklukan ODOP ya bun. Aamiin.

      Delete
  2. Pingiiin banget bisa konsisten nulis tiap hari. Tapi ... ya gitu deh ­čśó belum bisa

    ReplyDelete
  3. Mudah-mudahan bisa konsisten nulis setiap hari, jeleknya kalau sudah buka medsos suka lupa waktu ­čśč

    ReplyDelete
  4. pengen dong ikut ODOP...biar latihan disiplin waktu...

    ReplyDelete
  5. Paling banyak nulis 2 kali seminggu, suka kehabisan ide. Btw, tipsnya okeh juga tuh dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini juga karena ada ODOP makanya nulis setiap hari hehe, kalo enggak biasanya seminggu juga 2 kali hehe ~

      Delete

Post a Comment

back to top