Saturday, September 29, 2018

# hamil # lifestyle

Pilih Melahirkan Normal atau Caesar? Kenali Beberapa Penyebab Bunda Dapat Melahirkan Secara Normal atau Secara Caesar, Cari Tau Dari Sekarang!

Holla,, Mak Blogger!


Bunda sudah mau melahirkan ya? Kira-kira persiapan-nya sudah matang belum nih untuk persalinan, semoga sudah ya. Namun, Bunda lebih memilih apa saat persalinan nanti, tim melahirkan normal atau tim melahirkan caesar? Hmm, mungkin masih bingung ya antara mau melahirkan normal atau melahirkan caesar.

Nah, sebelum Bunda memutuskan lebih baik Bunda ketahui dulu penyebab-penyebabnya. Apa penyebab mudahnya melahirkan secara normal dan apa penyebab harus melahirkan dengan cara caesar. Itu penting Bunda ketahui agar saat persalinan nanti, Bunda enggak bingung lagi. Kira-kira apa saja ya penyebab dari masing-masing proses persalinan normal dan caesar ini? Langsung saja Bunda simak ulasannya berikut ini ya :

  • Penyebab Mudahnya Melahirkan Secara Normal
1. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi



Konsumsi makanan sehat dan bergizi memang sangat dianjurkan untuk Bunda yang sedang hamil, supaya janin dan Bunda selalu sehat serta tak mudah sakit. Untuk Bunda yang ingin sekali melahirkan secara normal dengan konsumsi makanan sehat dan bergizi akan memudahkan Bunda untuk selalu fit. Selain itu, Bunda harus kuat secara fisik dan mental. Nah, tentu salah satunya makan makanan yang bergizi dan sehat. Jadi, Bunda sudah makan sehat belum hari ini? Jangan lupa ya, Bunda.

2. Kondisi mental dan tubuh harus prima



Melahirkan secara normal tentu penuh dengan perjuangan. Bunda yang ingin sekali melahirkan secara normal pasti sudah sering mendengarkan kabar bahwa hidup dan mati ada saat melahirkan secara normal. Nah, Bunda harus siap mental dan tubuh harus prima serta fit. Selain, itu berpikir selalu positif dan yakin kepada Allah bahwa proses persalinan akan lancar tanpa kekurangan apapun. Bunda bisa kok dan Bunda kuat! Semangat untuk melahirkan normal Bunda!

3. Sering melakukan olahraga hamil disekitar otot pinggul, rahim dan perut



Melakukan olahraga hamil sejak trisemester pertama hingga akhir sangat perlu untuk ibu hamil yang ingin sekali melahirkan secara normal. Untuk itu, Bunda tidak boleh membolos saat olahraga hamil ya. Harus rajin-rajin olahraga hamil disekitar otot pinggul, rahim dan perut karena pada bagian tersebutlah bayi yang telah ditunggu-tunggu oleh Bunda akan lahir. Jadi, terus semangat olahraga hamilnya ya Bunda!

4. Hindari kelelahan berlebih saat menjelang persalinan



Bunda jangan banyak melakukan berbagai macam aktivitas menjelang persalinan. Namun, bukan berarti hanya tidur-tiduran juga ya. Bunda hanya perlu mengurangi aktivitas seperti biasanya saja kok, supaya tidak kelelahan menjelang persalinan. Jika Bunda terlalu kelelahan takutnya Bunda sulit untuk mengejan saat proses melahirkan normal. Jadi, mulai sekarang dikurangi aktivitas yang berat ya dan minta tolong suami untuk membantu setiap pekerjaan rumah.

5. Membuat suasana rileks menjelang persalinan



Suasana rileks tentu perlu Bunda lakukan supaya tidak cepat stress atau memikirkan hal-hal yang tidak-tidak. Bunda harus tetap berpikir positif dan memanjakan tubuh supaya tidak mudah letih atau pun marah-marah. Nah, ada baiknya Bunda ke salon untuk memanjakan diri atau jika ingin murah gunakan aromaterapi di kamar supaya Bunda bisa lebih rileks menjelang persalinan.

6. Konsumsi alpukat dan minyak zaitun



Diketahui konsumsi alpukat dan minyak zaitun saat menjelang persalinan sangat membantu untuk melahirkan secara normal. Diketahui alpukat dan minyak zaitun akan membantu peregangan kulit dari dalam. Nah, untuk itu supaya bayi lahir lebih mudah perbanyak konsumsi alpukat dan minyak zaitun ini ya Bunda. Jadi, mulai sekarang stok yang banyak buat alpukat dan minyak zaitun ya Bunda serta konsumsi setiap saat.

7. Bayi sudah berada dipanggul


Jika bayi dirasa sudah masuk panggul, berarti ini tanda bahwa bayi sudah ingin keluar. Nah, Bunda harus konsultasi 'kan ke dokter supaya lebih yakin bahwa bayi sudah benar-benar dipanggul. Jika dokter pun bilang memang bayi sudah masuk panggul dan posisi bayi juga tidak telentang, maka sudah dipastikan Bunda bisa melahirkan normal. Selain itu, panggul Bunda juga tidak sempit ya, supaya jalan lahir bayi tidak tersendat.

  • Penyebab Harus Melahirkan Secara Caesar
1. Panggul sempit



Panggul adalah jalan lahirnya bayi, jadi sudah harus dipastikan panggul Bunda tidak sempit jika ingin melahirkan normal. Namun, jika ternyata Bunda memiliki panggul yang sempit jangan bersedih jika harus caesar karena ini jalan terbaik. Melahirkan secara caesar juga perjuangan besar Bunda saat proses persalinan loh. Hal yang paling penting ibu dan bayi yang lahir nanti sehat.

2. Letak ari-ari



Letak ari-ari yang tidak seperti biasanya membuat dan menutup jalur lahir membuat bayi tak bisa dilahirkan secara normal. Supaya tidak mengambil resiko, maka melahirkan secara caesar adalah salah satu cara terbaik. Tak apa kok Bunda meski harus caesar, karena bagaimana pun juga seorang ibu pasti penuh perjuangan dan pengorbanan selama hamil serta melahirkan. Jadi, tetap semangat meski melahirkan caesar ya, Bund!

3. Bayi yang terlalu besar atau sunsang



Letak bayi yang tidak semestinya saat 36 minggu atau lebih, membuat dokter memutuskan untuk melahirkan secara caesar. Seperti bayi yang memiliki berat badan berlebihan atau pun sunsang (kaki berada di bawah dan kepala berada diatas) maka harus dilakukan secara caesar supaya tidak membahayakan bayi dan ibunya juga.

4. Belum siap mental untuk melahirkan normal



Biasanya yang baru pertama kali melahirkan, masih belum siap mental untuk melahirkan normal. Sudah terlalu takut mendengar cerita-cerita yang membuat Bunda depresi dan stress membayangkan persalinan secara normal. Hal ini wajar karena perjuangan seorang ibu saat melahirkan memang mempertaruhkan nyawa. Maka, dari itu jika Bunda belum siap mental tak apa untuk melahirkan secara caesar saja.

5. Ingin melahirkan di tanggal cantik


Ada beberapa pasangan suami istri yang menginginkan bayinya lahir di tanggal tertentu yang dianggap cantik atau unik. Nah, karena caesar bisa melahirkan kapanpun selama sudah 9 bulan 10 hari atau 36 minggu, maka banyak yang ingin melahirkan di tanggal-tanggal tertentu dengan cara caesar tentunya. Karena belum tentu saat melahirkan normal bayi sudah mengajak di tanggal yang diinginkan orangtua. Semua itu terserah Bunda ya, Bunda yang paling paham diri Bunda sendiri mengenai proses persalinan yang pilih.

Itu tadi beberapa penyebab mudahnya melahirkan secara normal dan penyebab harus melahirkan secara caesar. Keduanya sama-sama penuh perjuangan untuk seorang ibu pastinya. Bukan berarti yang melalui caesar tidak mau merasakan sakit, mungkin saja ada sebab-sebab yang membuat seorang ibu memang tak bisa melahirkan normal. Paling penting adalah ibu dan bayinya sehat serta tak kekurangan apapun. Aamiin

Bunda kira-kira saat melahirkan nanti sudah siap secara normal atau caesar nih? Bisik-bisik yuk rencana Bunda saat melahirkan nanti di kolom komentar dibawah ini ya.

Salam,
 steffifauziah

14 comments:

  1. Buat saya disyukuri saja normal maupun caesar. Allah knows best. Yang penting sehat, selamat, dan berbahagia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bun yang penting ibu dan anaknya selamat, sehat dan tak kekurangan apapun ;).

      Delete
  2. Aku baru tau ttg konsumsi alpuket n zaitun bagi wanita hamil...

    Nice sharing mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mba, semoga bermanfaat :).

      Delete
  3. Kayaknya hampir setiap perempuan nggak ada yang pengen melahirkan sesar. Begitu juga dengan saya. Eh tapi ujung2nya kemarin sesar karena bingung dokternya anaknya mu di lahirin lewat mana karena saya nggak ada pembukaan hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi yang terpenting buah hati sehat ya bun dan ibunya kuat :).

      Delete
  4. penginnya normal semua, tapi terpaksa anak yang terakhir caesar karena letak ari-ari di bawah..plasenta previa, jadi pendarahan beberapa kali saat kehamilan, akhirnya dokter memutuskan caesar saja..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah, Alhamdulillah ya bun anaknya lahir dengan sehat dan normal serta ibunya juga. Masya Allah perjuangannya ibu melahirkan. Emang benar mau normal atau caesar sama aja perjuangannya.

      Delete
  5. Setuju! Semua kembali lagi pada preferensi dann.... takdir. Kadang sudah siap untuk lairan normal, tapi dikasih kesempatan untuk SC. ya sudah terima saja, yang penting sehat semua dan lancar.

    ReplyDelete
  6. Karena belum pernah melahirkan buat saya mau normal atau caesar itu buth perjuangan besar. Jadi semangat buat ibu - ibu yang lagi menunggu hari kelahiran anaknya. Tips dari mba saya simpan dulu siapa tau besok kalau dapat rejeki anak bisa saya praktekkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, insya Allah disegerakan mendapatkan rezeki dari Allah.

      Delete
  7. Melahirkan normal dan caesar yg penting ibu dan debaynya sehat ya say.

    ReplyDelete

New Post

4 Tips Untuk Selalu Super Hati-Hati Saat Akan Menjadi Kontributor di Sebuah Penerbit Indie, Pengalaman Pahit Saya Ini Semoga Bisa Menjadi Pelajaran Kita Semua, Ya!

Hai, Sobat Blogger! Dari judulnya berasa banget ya ada yang enggak enak, hihi . Iya, ini pengalaman pribadi saya yang tak pernah saya p...

Follow Me @steffifauziah

Instagram Feed