steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Masih Bingung Memilih Laptop yang Bagus? Cek 4 Tips Ini!

Halo, Sobat Blogger!

Merk Laptop Terbaik

Semenjak pandemi, bekerja di rumah sudah menjadi rutinitas yang biasa dilakukan. Semua pekerjaan yang tadinya dikerjakan secara offline dan harus datang ke kantor, mendadak harus online. Anak-anak yang biasanya sekolah juga harus tatap muka, sekarang harus sekolah online. Benar-benar era digital di pandemi ini seperti dimaksimalkan untuk dilakukan setiap harinya.

Nah, maka dari itu kebutuhan kita akan suatu barang elektronik yang bisa membantu meringankan pekerjaan kita sangat dibutuhkan sekali. Seperti handphone, tablet, ataupun laptop. Barang-barang elektronik ini seperti tak bisa jauh dari kita semenjak pandemi ini.

Namun perlu kita ketahui untuk lebih teliti dalam memilih produk gadget yang diinginkan. Jangan sampai salah dalam memilih gadget dan berujung menyesal. Oleh karena itu, kita perlu hati-hati untuk memilih gadget di era pandemi ini. Tentunya cari yang bagus dan sesuai kantong.

Baca juga Keuntungan Punya Laptop Lemot!

Begitu pun dengan barang elektronik seperti laptop. Untuk para pekerja atau anak kuliah, laptop ini sudah jadi barang yang harus dimiliki selama bekerja dan kuliah online. Jika hanya mengandalkan handphone sepertinya akan kesulitan sekali, ya.

Bagi yang ingin membeli laptop pastikan untuk mencari merk laptop terbaik dan jangan asal murah. Mau tahu bagaimana memilih laptop yang bagus? Nah, untuk kamu yang masih bingung, simak ulasannya berikut ini, ya.

1. Ukuran Laptop yang Diinginkan

Merk Laptop Terbaik

Kita perlu tahu ukuran laptop yang kita perlukan seberapa besar. Untuk kita yang suka sekali bekerja di luar ruangan dan bertemu klien, sepertinya laptop yang tidak terlalu besar dan tidak berat bisa menjadi salah satu pilihan. Ukuran yang pas sekitar 11 inch sampai 13 inch. Untuk berat sekitar kurang dari 1 kg sampai 1,5 kg.

Namun, bagi yang hanya stay di rumah aja atau di kantor saja, bisa pilih ukuran yang lebih besar seperti 14 inch sampai 17 inch. Ukuran laptop ini sangat sesuai karena bisa lebih puas melihat layar laptop dan nyaman untuk bekerja.

Jadi, sebelum membeli laptop kita harus tahu dulu, tujuan membeli laptop. Apakah supaya lebih mudah dibawa-bawa? Atau sebatas bekerja di rumah saja? Nah, jika kita sudah tahu tujuan membeli laptop akan lebih mudah memilih ukuran laptop yang pas deh.

2. Kapasitas RAM yang Dibutuhkan

Merk Laptop Terbaik

Kapasitas RAM ini sangat penting untuk kita ketahui. Jangan sampai salah membeli laptop yang kapasitas RAM-nya kecil karena murah, padahal pekerjaan kita mengharuskan memiliki laptop yang kapasitas RAM-nya besar. Cek lagi tujuan kita membeli laptop apa?

Baca juga Ingin Menulis Tanpa Rewrite? Ikuti 12 Tips Ini!

Jika membeli laptop untuk pekerjaan seperti programmer, memiliki laptop dengan kapasitas RAM yang besar sangat diperlukan. Dikarenakan RAM yang besar akan membantu laptop supaya tidak lemot ketika membuka aplikasi yang berat.

Namun bagi kamu yang membeli laptop hanya untuk menulis atau membuat laporan saja, tidak perlu menggunakan kapasitas RAM yang besar. Cukup kapasitas RAM yang sebesar 4-6 GB sudah nyaman digunakan.

3. Daya Tahan Baterai yang Dimiliki

Merk Laptop Terbaik

Hal ini juga tak kalah penting untuk kita perhatikan. Apalagi bagi yang suka membawa laptop sambil berpergian. Pastinya memiliki daya tahan baterai yang lebih lama menjadi salah satu hal yang sangat krusial. Apalagi stop kontak tidak melulu ada di setiap tempat.

So, tentunya bagi yang suka berpergian membawa laptop, jangan lupa perhatikan juga ya daya tahan baterainya. Kalau perlu cari yang daya tahan baterainya awet dari pagi sampai malam.

4. Merk Laptop yang Terbaik

Merk Laptop Terbaik

Merk di sebuah barang elektronik menjadi sah satu hal yang perlu kita perhatikan. Ketika memilih sebuah laptop bagus biasanya sesuai dengan merk laptopnya. Nah, jangan sampai kita salah beli karena enggak paham sama merk-merk laptop.

Ada banyak sekali merk laptop yang sudah terkenal seperti Macbook dari Apple, Samsung, Dell, Acer, Asus, HP, dan lain sebagainya. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan jangan beli kalau liat merk laptop tapi enggak pasaran. Bisa jadi itu KW-nya.

Misal aja merk laptop seharusnya Samsung tapi KW-nya Samsoong. Nah, itu sudah pasti bukan laptop merk yang benar loh. Jadi, harus hati-hati ketika memilih merk laptop, yaa.

Baca juga 30 Aktivitas Produktif yang Bisa Dicoba Ketika di Rumah Aja!

Itu tadi 4 tips untuk memilih laptop yang bagus. Bagaimana sudah punya bayangan ingin beli laptop yang seperti apa? Semoga keempat tips ini membantu kamu yang ingin beli laptop, ya. Semangat selalu dan jaga kesehatan di pandemi ini, ya.

Salam,



Comments

  1. kalau saya laptop yang bagus selain ram dan baterainya, yang penting pas ada uangnya

    ReplyDelete
  2. setuju banget nih dengan tipsnya, intinya sesuai kebutuhan ya Mbak.
    baterai itu juga salah satu poin penting, gak mau dong dikit-dikit bergantung ama colokan, apalagi kalau lagi asyik-asyik kerja gak sadar si laptop low hihih :D

    ReplyDelete
  3. Dari dulu di lingkungan keluarga saya masih seneng pakai yang merek ACER. Bahkan, laptop ACER yang saya pakai untuk blogwalking ini adalah ACER keluaran 2010, jadi udah 11 tahunan awet barangnya, hehe.

    ReplyDelete
  4. Kebetulan nih, laptop saya sudah mulai lemot. Sepertinya minta diganti yang baru. Kalo saya suka dengan laptop layar besar, minimal 14 inch. Kalo bisa layarnya 17 inch, tapi harganya juga lumayan ya.

    Saya mau beli laptop RAM gede, Layar gede, baterai awet dan mereknya ACER. Soalnya laptop ACER saya yang sekarang ini awet banget, tapi speknya udah ketinggalan jauh, dan memorinya kecil, makanya sekarang udah mulai lemot.

    ReplyDelete
  5. Iya sih. Kita kudu sudah menentukan mau laptop seperti apa? Dipake untuk apa nantinya? Mau yang RAMnya bagaimana?

    Jadi, saat berangkat ke tempat beli laptop kita udah bisa menentukan sendiri laptop kayak apa. Nggak yang harus mencari-cari dulu.

    ReplyDelete
  6. Saya paling gak sabar sama laptop yang lemot. Makanya suka sama laptop yang RAM-nya gede. Apalagi saya suka banget nyimpan dokumen yang ukurannya besar-besar.

    Oya, laptop yang baterainya awet impian juga tuh. Alhamdulillah saya sudah punya. Jadi, gak perlu sering-sering nyolok buat nambah daya.

    ReplyDelete
  7. Aku sendiri pernah mengalami salah membeli Spec laptop sesuai yang diharapkan. tadinya ingin membeli yang RAM nya agak besar tapi udah kadung check out dan disitu aku menangis ..wkwkwkwk

    ReplyDelete
  8. Kalo saya sendiri dari semenjak pertama kali beli laptop langsung jatuh hati sama Asus. Udah 12 tahun, laptop itu belum pernah mengalami kerusakan. Tipsnya bagus banget nih mbak..

    ReplyDelete
  9. Aku pas mau beli laptop kmren sempet bingung sampe berhari hari ditunda buat lihat spek di yutub dlu.wkwkwk akhirnya pilihan jatuh ke asus dahh

    ReplyDelete
  10. Pas banget nih kak Steffi Aku sedang cari-cari info laptop nih, yang Ada sekarang agak sedikit bermasalah hihihi trims sharringnya kak

    ReplyDelete
  11. Iya bener banget kak, milih laptop gak bisa sembarangan ya harus ngikutin 4 langkah diatas. Aq juga lagi nabung nih mau beli laptop baru semoga celengan ayamq cepet penuh ya

    ReplyDelete
  12. pilihan laptop dari tahun ke tahun makin banyak variasi dan spesifikasi yang mirip dari berbagai macam brand, saya lebih ke merk acer sih dari dulu, abbox.my.id

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.