steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Agar Blog Tidak Bisa di Copy Paste

Hola, Sobat Blogger!


Pernah enggak tulisan kita di copy paste secara keseluruhan oleh seseorang? Duh, sedih banget ya kalau tahu, huhu. Saya pernah dong, artikel saya di Estrilook dengan judul Ketahui 8 Syarat Pakaian Sesuai Syariat Khusus Untuk Muslimah telah di copy paste secara keseluruhan oleh sebuah website.

Sayangnya saya enggak simpan si website tersebut. Saya pernah coba cek di google tetapi enggak ketemu lagi sama websitenya. Meski si website tersebut tetap menulis nama saya sebagai penulis. Tapi, hal tersebut tidak etis di dunia literasi. Bagaimana kalau google mendeteksi plagiat? Seram banget jika tiba-tiba Estrilook kena, padahal itu bukan salahnya, kan?

Dari pengalaman hal itu, saya teringat seorang teman yang pernah share informasi. Bahwa sebuah blog ada baiknya memasang pengaman agar tak mudah di copy paste oleh pihak-pihak nakal. Sebenarnya, beliau sudah lama share di grup blogger. Tetapi saya hanya membintangi chat dia tersebut dan belum juga dilakukan hingga sekarang, huft.

Setelah akhirnya kejadian, meski bukan tulisan blog saya (belum tau juga sih kenyataannya, hehe) tapi merasa miris aja gitu. Kok ada ya yang mau cepat mengambil keuntungan dengan meng-copy paste tulisan kita ke website lain tanpa ijin. Sama persis pula. Yampun, bikin panas dingin nan meriang, hehe.

Nah, untuk itulah saya kembali ubek-ubek chat di whatsapp untuk menemukan kembali "pengamanan" tersebut. Agar blog saya enggak mudah untuk di copy paste tanpa ijin. Pengamanan  anti copy paste ini berupa kodingan. Tapi, untuk memasukkan kodingan ke dalam blog enggak sulit kok. Yuk, simak di bawah ini cara-caranya.

Kodingan Anti Copy Paste di Blog

Ini adalah kodingan yang nanti kamu copy dan paste kan di dalam blog. Saya share di sini, ya. Nanti tinggal ikuti saja beberapa langkah yang akan saya beritahukan selanjutnya.

<script type="text/javascript">if (typeof document.onselectstart!="undefined") {document.onselectstart=new Function ("return false");}else{document.onmousedown=new Function ("return false");document.onmouseup=new Function ("return true");}</script > 

Enggak perlu diingat, nanti kamu keder sendiri. Intinya kodingan ini bisa menyelamatkan blog kamu dari kejahatan copy paste yang beredar luas di jagat maya. So, hati-hati selalu dan jaga tulisan kita dari orang-orang jahat yang suka mengambil keuntungan seenaknya.

Langkah-Langkah Insert Kodingan ke Blog

Langkah-langkah di bawah ini tidaklah sulit kok. Cenderung mudah. Tetapi karena satu lain hal pasti ada saja yang tidak berhasil. Sebelum ke langkah-langkah di bawah ini saya mau kasih unjuk blog saya masih bisa di copy sebelum insert kodingan anti copy paste.

Masih bisa di copy

Nah, coba pahami dengan baik-baik dan lebih teliti lagi ketika mengikut langkah-langkah di bawah ini. Oke? Selamat mencoba, ya.

1. Login ke dashboard blogger

2. Pilih "Theme"



3. Klik "Edit HTML"



4. Cari <head> dengan CTRL+F pada keyboard



5. Setelah ketemu <head> masukkan kodingan anti copy paste




6. Klik "Save Theme"



7. Berhasil! Coba untuk copy paste di blog kamu untuk meyakinkan

Ini setelah pemasangan kodingan anti copy paste, tak bisa lagi di copy

Jika tidak berhasil di copy berarti masukkan kodingan-nya benar. Jika tidak berhasil coba ikuti langkah-langkah diatas dengan lebih teliti lagi, ya. Caranya enggak susah, enggak perlu bikin kodingan sendiri juga, tinggal copy paste aja. Selesai.

Eh karena blog saya sudah pakai proteksi supaya tidak bisa di copy paste. Silahkan download file-nya aja ya, Download Kodingan Anti Copy Paste di Blog. Semoga berhasil, ya!

Alasan Proteksi si Blog

Mengapa sih kita begitu susah payah untuk memproteksi si blog ini? Rumah maya yang selalu kita rawat dan isi dengan tulisan yang bermanfaat. Apakah terlalu over protective dengan menggunakan kodingan anti copy paste itu? Tergantung sih ya setiap individu memperlakukan rumah maya-nya seperti apa? Jika memang si empunya fine-fine aja untuk blognya di copy paste dimana-mana ya monggo aja. Kalau pun harus aware karena takut tulisan kita diaku orang lain, ya proteksi blog kita adalah penting.

Jadi, apa saja nih alasannya dan mengapa harus proteksi si blog?

1. Tulisanku, Hanya Miliku

Iyalah. Tulisan yang ada di blog saya ini, emang punya saya. Bukan punya siapa pun. Punya suami saya pun bukan, wkwk. Tapi kalau saya ya punya suami, wkwk *apa sih. Intinya, saya sih enggak ridho kalau tulisan saya diaku oleh orang lain. Jika pun ingin tulisan saya, ya langsung kontak saya dan diskusi. Supaya saya pun enggak merasa dirugikan.

2. Tidak Terdeteksi Plagiat Oleh Google

Yap, google itu sebenarnya agak-agak protective sama tulisan-tulisan di internet. Jika, ketahuan plagiat bisa abis blog atau website. Di banned bisa aja karena terdeteksi semua plagiat tulisannya. Haduh, ngerih! Enggak bakal mau kan hal ini terjadi? Jangan sampai, ya.

3. Originalitas Tulisan Kita Tak Ternodai

Jelas ternodai. Tulisan kita yang awalnya murni hanya kita saja yang punya. Tiba-tiba di website atau di blog lain juga ada. Sama persis. Lah? Mereka pun enggak pernah menghubungi kita untuk beli tulisan kita. Enggak usah beli deh ijin aja dulu, boleh apa enggak, juga enggak ada. Tiba-tiba jeng jeng, itu tulisan kita dengan gaya bahasa kita, sudah nongkrong cantik di blog/website orang. Gemas! Tulisanku masih murni, please jangan dinodai tulisan ini dengan cara kotormu, hei!

4. Bikin Mereka yang Suka Plagiat, Kapok!

Jika tulisan kita di proteksi, maka para plagiat di luar sana akan kapok kok! Enggak lagi deh coba-coba untuk plagiat. Karena bagaimana mau plagiat jika di copy aja enggak bisa. Bikin emosi dia pasti kan, wkwkwk. Kasihan deh.

5. Boleh Copy Paste dengan Ijin Pemilik Tulisan

Jika pun ada yang ingin tulisan kita di publish di tempat lain. Ya, bicarakan baik-baik dengan si empunya. Tanya rate harganya berapa dan apakah kita bersedia atau tidak. Nah, kalau begini kita pun enak karena jelas gitu. Enggak asal caplok terus taruh di tempat lain. Ih, gemas!

Setuju enggak dengan alasan diatas? Setidaknya kita sudah berusaha untuk mengatakan "TIDAK" kepada plagiat. Kita nulis di blog atau pun artikel di suatu media online tentu dengan hati, pikiran dan tenaga yang tidak sedikit. Pasti ada yang dikorbankan. Tidak mau dong dengan mudah mereka yang ingin cepat meraup keuntungan dengan mudah hanya copy paste demi trafik website-nya. Tentu, tidak semudah itu, Ciripa!

Maka, dari itu, gaes. Yuk, mulai aware dengan tulisan kita sendiri. Supaya enggak mudah diaku-aku oleh orang lain. Enak aja mau diaku-aku, kita pun nulis dan cari idenya aja enggak mudah, ya. Hihi, Keep writing ya, gaes. And keep protective to your blog!

Salam,

Comments

  1. Mbak, terima kasih. Saya langsung mencobanya dan alhamdulillah, blog saya sudah ter log.

    ReplyDelete
  2. Selalu suka dpt ilmu baru dari ba steffi ini.
    Walau blm semua tutorialnya sy lakukan satu persatu dari sekian tutorial yg ba berikan. Tp sy bintangin web/blog nya b steffi..hihi klo ada perlu sesuatu tinggal cuz k blognya b steffi

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah cek tulisanku ada yang di copy atau nggak mba. Tapi pasang coding no copas memang perlu menurutku.

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah cek mba tulisanku ada yang di copas atau tidak. Tapi memang plugin atau kodingan untuk menfhindari copas sangat perlu.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih ilmunya Mbak Stef. Pernah nemukan blog yang nggak bisa dicopi. Ternyata begini ya caranya..

    ReplyDelete
  6. Menanggapi blog yang dicopas itu emang menyebalkan ya mba, sakit hati aja tulisan yang kita buat dengan segenap pikiran cuma dicopy aj

    ReplyDelete
  7. makasih mbak sharingnya, kalo untuk wordpress adakah petunjuk caranya juga mbak? ngeri juga ya kalo tulisan kita yang asli kena banned google karena kelakuan orang yang tak bermoral..hiks

    ReplyDelete
  8. Wah saya juga pernah mbak. Sampai gambar2 (yang bahkan gambar itu pakai watermark alamat blog) saya pun turut dicopas pas pas sama itu orang. Mana gak cuma satu dua. #waduhjadicurhat
    Hohohoh.
    Dulu saya pernah pakai anti copas yang per artikel gitu mbak. Tapi yg ini lebih praktis ya. Makasi mbak

    ReplyDelete
  9. Naaah ini dia yang saya cari. Dari dulu pengen proteksi tulisan di blog tapi pending melulu.
    Setuju deh dg alasan Mbak Steffi di atas. Blog kita adalah otoritas kita, dooong.
    Thanks for the tips. Segera dilaksanakan :)

    ReplyDelete
  10. mb terima kasih bnyak ilmunya. dari head ke kodingan anti copaste diberi jarak enter y mb?. terima kasih bnyak ^^

    ReplyDelete
  11. Nyontek ya mbak untuk langkah2 ini bakal saya ikuti. Sedih begitu tahu tulisan saya dicopas. Pantas saja akhir2 ini traffic turun. Ternyata ada yang copas dan jahatnya tahunnya disetting duluan dia 3 tahun loh. Jadi saya posting tahun 2017 eh dia malah jadi tahun 2104. Jelas saya kan yg nantinya dianggap plagiat. Jahat deh

    ReplyDelete
  12. Yups ngeri banget ya mbak klu tulisan kita sampai ada yang plagiat so thanks banget tipsnya mbak. Bermanfaat sekali cuma saya belum praktekin karena belum online via pc.

    ReplyDelete
  13. Kok ya ada ya, yang suka copas-copas tanpa etika. Bener dah, perlu ini, biar gak ada yang copas seenaknya. Tapi entah kapan saya praktekinnya, hihi...

    ReplyDelete
  14. Naah ketemu,, akhirnya dapet juga caranya,, makasih mb stefi

    ReplyDelete
  15. pernah menerapkan kodingan ini saat masih blogspot... hmmm mesti cek lagi nih... makasih mbak... membantu agar tidak banyak yang copas tulisan blog dengan seenaknya hehe

    ReplyDelete
  16. Kemarin grup bloggee sempat riuh karena beberapa tulisan blogger yang d kopas plek plek banget dan sikap pelakunya ga mencerminkan kalo beliau juga blogger. Masih heran aja sama sikap orang kayak gini, copas seenak jidatnya. Langsung ak kerjain saat baca artikel mba Stefi ini.

    ReplyDelete
  17. Mbak Steffi yang blackqoutenya jangan diaktifkan dong, saya mau copas kodingannya.Mau bikin juga. Hehe.

    Banyak banget kebantu saat liat postingan bloggingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba ada file download kodingannya kok, hehe. sudah di bold warna merah loh. hayo yang mana? hehehe

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Replies
    1. donlot kodingannya, makasih ya kak steffi, ku mampir kesini karena masuk pageone lho di google dan baris pertama, mantep banget... salam 1minggu1cerita, hehehe

      Delete
  20. Terimakasih, mbak Steffi. Tipsnya bekerja dengan baik. Kalo gini kan gak khawatir tulisan dicuri orang. Hehehe.

    ReplyDelete
  21. Terima kasig mba. Sangat membantu. :)

    ReplyDelete
  22. Ini bisa diterapkan di wp ga ya? Saya harus hati-hati soalnya kalau pasang html. Mata udah engga awas. Salah font aja berantakan. Aku coba aja deh di blog yg lain yg pakai bp. Makasih tutorialnya...

    ReplyDelete
  23. syukron teh. sudah berbagi carannya.

    ReplyDelete
  24. MasyaAlloh baiknya kk. Bisa k di blog saya, makasih banyak k. Sehat dan makin berkah ya k

    ReplyDelete
  25. Terima kasih Mbak. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  26. aku berhasil! makasih Mbak Steffi sholeha

    ReplyDelete
  27. Terima kasih informasinya...

    it's work for my website.

    ReplyDelete
  28. Halo Stefi, terima kasih tutorialnya. Sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  29. Terima kasih infonya. Ini berguna banget nih buat para blogger. Sukses selalu!

    ReplyDelete
  30. Terima kasih kak, sangat membantu sekali😁

    ReplyDelete
  31. Terima kasih share-nya. Saya share ya...semoga membantu yang lainnya.

    ReplyDelete
  32. itu bawahnya ada file yang bisa di download hehe

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. ini yang aku cari cari mbak hehe

    ReplyDelete
  35. terima kasih mbak! berhasil yihaaa

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah dapat solusi untuk jaga blog.
    Jazakillah Mbak.

    ReplyDelete
  37. Wah terima kasih banyak ya kak!! sekali coba langsung bisaaa hhe, sukses selalu ya kak

    ReplyDelete
  38. Syukran Mbak, informasi ini sangat berguna. Untuk antisipasi dari copas yang tak bertanggung jawab :-)

    ReplyDelete
  39. Makasih banyak mbak buat codingan anti copy paste nya.. sangat membantu aku yang newbie dalam dunia blogger ini :)

    ReplyDelete
  40. Terima kasih Kak, sudah berbagi tips dan informasinya, sudah saya terapkan dan berhasil. Terima kasih.

    ReplyDelete
  41. makasih ya mbak udah di share, semoga dengan cara ini makin banyak penulis blog yang nggak di copas dengan gampang

    ReplyDelete
  42. Mba, saya langsung coba dan berhasil!!
    Terima kasih ilmunya^^

    ReplyDelete
  43. makasih ka atas informasinya. saya jadi salah fokus dgn tema websitenya bagus dan nyaman dilihatnya hehe. saya juga sedang berusaha untuk menulis di blog :). semoga sukses selalu ka

    ReplyDelete
  44. terimakasih.sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  45. it works,thanks kak.sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  46. makasi ya mbak.. langsung berhasil :)

    ReplyDelete
  47. terima kasih mba atas artikelnya ini sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  48. Terimakasih mBa,...cespleng codingan nya..

    ReplyDelete
  49. Mbak, minta codingan nya dong, gak bisa di salin nih,..hihihi

    ReplyDelete
  50. Terima kasih Mba alhamdulillah berhasil..soalnya pernah ngalamin di copy paste sama orang tampa izin..

    ReplyDelete
  51. Terima kasih banyak Kak, membantu sekali :)

    ReplyDelete
  52. Terima kasih ya kak.. Aku jadi berani untuk upload karanganku tanpa takut diplagiat..

    ReplyDelete
  53. Maaf kak saya mau bertanya, kok di saya cuma berhasil utk versi web/dekstop nya yah? Kalau versi ponsel gak berhasil :( Makasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  54. Saya menggunakan ponsel saat saya coba klik kanan kok gak berhasilya, setelah saya pakai tema yang tidak ada navbarnya ternyata berhasil

    ReplyDelete
  55. Terimakasih telah berbagi... semoga ilmunya makin berkah.

    ReplyDelete
  56. Thanks kak infonya, saya baru-baru ini ngeblog. Lagi nyari tutorial supaya artikel kita ga bisa di copas. Ini menurut saya tutorialnya paling simpel dibanding yang lain.

    Salam kenal kak.

    ReplyDelete
  57. Mba, boleh tanya ngga? Mba pakai font apa di artikelnya? Saya pengen tahu hehe

    ReplyDelete
  58. akhirnya ketemu. terimakasih banyak kak.

    ReplyDelete
  59. makasih mba ilmunya

    ReplyDelete
  60. yeay...langsung berhasil thankyu share ilmunya

    ReplyDelete
  61. Terimakasih.. jazaakillah khair sangat membantu

    ReplyDelete
  62. Makasih ya kaka, membantu sekali.

    ReplyDelete
  63. ini pake tema /copy.& apa kak?

    ReplyDelete
  64. sangat bermanfaat sekali tapi sayangnya di saat saya ingin meng copy script tersebut tidak dapat diblog mohon segera ditindak lanjuti. Terimakasih

    Oh iya jangan lupa kunjingi halaman web ku ya di https://www.chakpedia.xyz dan https://chakpedia.com

    ReplyDelete
  65. Dibawah Head kan ada Kode AdSense, terus ditaruh dimana... apakah diatas kode AdSense tersebut... Kira2 apakah AdSense nya berpengaruh...?

    ReplyDelete
  66. Terimakasih infonya ya mba...sangat bermanfaat saya sudah coba dan berhasil......Sangat membantu.

    ReplyDelete
  67. Terima kasih atas ilmu bermanfaatnya, Kak. Sangat membantu :'D. Semoga niatan plagiat segera musnah yak, hiks sedih aja gitu tulisan sendiri diplagiat orang lain :'(

    ReplyDelete
  68. Alhamdulillah.....terima kasih mbak

    ReplyDelete
  69. Trmkasih infonya langsung di coba dan berhasil

    ReplyDelete
  70. Alhamdulillah, terimakasih Kak Steffi atas tutorialnya. Sudah Saya ikuti tutorialnya dan berhasil!

    ReplyDelete
  71. Hore... berhasil! Terima kasih sekali.

    ReplyDelete
  72. mbak, thank you banget. ngebantu banget blognya. kesel bgt blog udh nulis capek2 tapi dicopy paste sama orang trus diakui punya mereka.. hadeh

    ReplyDelete
  73. makasih banyak ilmunya kak, beneran worth it :)

    ReplyDelete
  74. Haiii terima kasih banyak yaa sangat bermanfaat izin ku terusin juga ke temen2 yg membutuhkan..
    salam kenal yaa

    ReplyDelete
  75. wah sudah saya coba makasih banyak ya kak,

    ReplyDelete
  76. Langsung dicoba dan langsung berhasil. Terima kasih banyak ilmunya kak ^^/

    ReplyDelete
  77. kak terima kasih atas bantuan kakak blog saya aman dari copy paste, salah satu keyboard kakak

    ReplyDelete
  78. Mksh bang dgn Kode Koding nya bisa saya terapkan di blog saya,,,
    Numpang bang saya tuliskan blog saya
    marketpulsaglobal.com

    ReplyDelete
  79. Terimakasih informasinya, sudah saya praktekkan di blog saya www.brocerdas.com dan berfungsi dengan baik. Sekali lagi thanks....

    ReplyDelete
  80. Kakak, terima kasih. Alhamdulillah akhirnya berhasil 😍
    Walau tadi sempet sedikit kesulitan karena file-nya jadi bahasa Indonesia. Setelah dibuka ulang baru deh kayak yang Kakak sertakan dalam artikel. Sekali lagi terima kasih.

    ReplyDelete
  81. makasih banget ya kak jadinya blog ku ga bisa di copas sembarangan

    ReplyDelete
  82. Terimakasih infonya kak script yang kakak bagiin emang bisa buat website saya nggak di copy paste
    Tapi tolong script yang ada dikotak yang kakak bagiin bisa di copy agar pengunjung nggak kecapean nyalin scriptnya karena ngga bisa di copy

    ReplyDelete
  83. Wah terima kasih banyak
    Tutorialnya sangat mudah untuk diterapkan. Selama ini saya mencari tutorial agar tulisan di blog tidak bisa di copy paste dan ini satu-satunya tutorial yang paling mudah yang saya temukan.

    ReplyDelete
  84. Makasih banget mbak, aku udh prnh coba tp g berhasil, gtw kodenya yg salah atau aku yg salah. Tapi kali ini work it!! Terima kasih banyaaaak aku seneng banget!!!

    ReplyDelete
  85. Terimakasih ilmunya kak, ternyata ada cara supaya tulisan tidak bisa dicopy

    ReplyDelete
  86. Jazaakillahu khayran...sangat berguna buat saya yang pemula dan baru kembali belajar utak-atik lagi blog

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.