steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Ingin Makananmu Lezat? Pakai Bumbu Dapur Ini, Gaes!

Hai, Sobat Blogger!


Masak buat saya itu sesuatu yang agak sulit, wkwkwk. Kenapa? Karena saya juarang banget masak alias enggak bisa masak. Heu. Dari dulu kecil emang sudah ada ART di rumah, terus ibu sibuk jualan sembako dan bapak kerja. Jadi, ya gitu deh lebih sering di manja dengan adanya ART, wkwkwk *plis yang buruk-buruk jangan di tiru, hehe.

Tapi, waktu kuliah saya beberapa kali masak loh. Apalagi kalau akhir bulan, uang transferan belum juga turun tuh. Berhubung dulu saya kuliah ngekos jadi ya, mau enggak mau harus pintar atur keuangan. Khususnya uang untuk makan, karena makan saya buanyak, wkwkwk. Heu. Nah, makanya kadang saya sama teman-teman saya lebih milih masak ketika akhir bulan. Lebih irit pastinya, hehe.

Sadar enggak sadar ya, masakan saya dulu cenderung biasa. Lezat juga kagak, duh. Jadi, ya tetap beli di warteg lebih disukai daripada masak *alesan terus, wkwkwk. Nah, semenjak saya menikah mau enggak mau nih saya kudu bisa masak dong. Iya enggak, gaes? Malu lah sama suami enggak bisa masak. Meskipun masakannya seadanya, wkwkwk.

Ketika saya galau dengan resep-resep masakan. Akhirnya saya pun bertanya kepada teman-teman penulis lainnya yang emang sudah emak-emak duluan dibanding saya. Iya, di geng menulis ini saya emang anak bungsu, karena paling muda, imut dan menggemaskan *abis ini saya di lempar panci, wkwk. Ada salah satu teman yang merekomendasikan salah satu foodstagram yang resepnya guampang banget di coba.

Tapi yang paling bikin melongo adalah satu bumbu yang bisa bikin makanan jadi lezat bin nikmat. Wih, bumbu apa tuh? Pakai bumbu turun temurunkah? Bumbu warisankah? Atau ujung-ujungnya cuma pakai micin? wkwkwk. Salah semua ternyata perkiraan saya, wkwkwk.

Nah, bumbu yang dimaksud adalah BACEMAN BAWANG!

What?? iya enggak usah bingung, saya pertama kali tau juga bingung. Maksudte opo yo, baceman bawang iki? Wkwkwkwk. Nah, akhirnya setelah teman saya ini jelaskan. Saya berasa jadi chef internasional *sumpah lebay abis, wkwk. Makanan apapun di campur baceman bawang. Enak'e puol. Makyoouuuuss banget. Beneran, enggak bohong. Lezat banget kek di warung-warung makan gitu. Ih kudu coba para mamak di rumah, buat yang belum tahu.

Saya aja takjub dan enggak percaya ternyata masak itu mudah, wkwk. Cuma pakai baceman bawang aja semua makanan enak. Kenapa atuh enggak dari dulu tahu? Kaya gitu pas kuliah makin irit kan, karena masak terus jadinya, wkwkwk *pelitnya keluar.

Penasaran? Ciye penasaran nih mau tahu resep baceman bawang. Tenang, gaes! Akan saya berikan resepnya. Karena mudah banget buatnya. Saking mudahnya kalian pasti bilang, lah gitu doang? Yelah. Gitu deh, saking meremehkannya, wkwkwk *saya doang kali yang kaya gitu, heu.

Baiklah sudahi curhat-nya dan silahkan simak resep bikin baceman bawang ini, gaes. Jangan sampai salah resep loh. Nanti masakan kamu enggak jadi lezat, wkwkwk. Simak ulasannya saya di bawah ini, ya :

Bahan Baceman Bawang

  • 2 gepok bawang putih
  • Minyak goreng secukupnya (disarankan minyak goreng bagus dalam kemasan bukan minyak goreng curah. Misal : Minyak Goreng Barco)


Cara Buat Baceman Bawang

  • Kupas 2 gepok bawang putih
  • Masukkan ke blender (jangan terlalu halus)
  • Atau bisa menggunakan chopper
  • Atau potong kecil-kecil menggunakan pisau
  • Masukkan bawang putih yang telah di hancurkan tadi ke toples (bisa tupperware atau toples kaca)
  • Setelah itu tambahkan minyak goreng secukupnya hingga bawang putih terendam
  • Tutup toples dan gunakan esok harinya


Cara Masak Menggunakan Baceman Bawang

  • Satu sendok makan untuk tumis 
    • Panaskan wajan dengan api sedang
    • Tambahkan satu sendok baceman bawang dan bawang merah yang telah di potong
    • Tunggu sampai harum dan masukkan bahan-bahan lainnya
Tumis Tahu Tauge

  • Dua sendok teh untuk nasi goreng
    • Panaskan wajan dengan api sedang
    • Tambahkan dua sendok teh baceman bawang
    • Tunggu sampai harus dan masukkan bahan lainnya ke wajan
  • Satu sendok makan untuk bikin sambal
    • Potong cabai merah, cabai rawit, tomat, bawang merah, garam, lada dan terasi (bahan bisa diganti sesuai keinginan)
    • Masukkan ke cobek atau blender
    • Tambahkan satu sendok makan baceman bawang
    • Ulek atau blender bahan-bahan tadi hingga halus
Tempe Penyet Seuhah!

  • Satu sendok teh untuk bikin tempe/tahu/ayam tepung krispy
    • Masukkan tepung serbaguna atau tepung bumbu
    • Tambahkan satu sendok teh baceman bawang
    • Tambahkan air secukupnya
    • Aduk rata
Tahu isi pakai baceman bawang dan tumis kangkung juga pakai baceman bawang

Baceman bawang juga bisa ditambahkan di resep-resep makanan lainnya yang memerlukan bawang putih. Jadi, baceman bawang ini enggak melulu harus di masakan tumis kok. Untuk tambahan telur, seperti bikin omelet atau telur orek juga enak. Apalagi untuk martabak telor atau tahu, ini juga mantap. Intinya baceman bawang ini bisa digunakan untuk masakan apa aja yang bahannya ada bawang putih.

Orek tempe dan telor sambel juga pakai baceman bawang


Tips-Tips Menyimpan Baceman Bawang

Tips-tips ini enggak boleh kelewat karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat baceman bawang. Kenapa ini penting? Karena baceman bawang ini harus didiamkan seperti di fermentasi gitu loh. Meski enggak lama sampai bulanan atau tahunan, tapi tetap aja harus tahu cara-caranya supaya enggak jamuran atau busuk sebelum digunakan. Duh, nyesel nanti. Sudah buat capek-capek, eh, harus dibuang. Kan sayang, yes. Maka dari itu simak tips-tips di bawah ini :

  • Pastikan Semua Alat untuk Membuat Baceman Bawang Kering
Seperti talenan, pisau dan toplesnya. Kenapa harus kering? Karena kalau ada air baceman bawang ini cepat berwarna hijau. Nah, warna ini menandakan baceman bawang yang dibuat telah jamuran. Hiii. Jadi, supaya baceman bawang tetap fresh dan bisa digunakan hingga 10 hari kedepan. Maka, harus benar-benar kering semua alat yang digunakan, ya. Ingat ini!

  • Bikin Baceman Bawang Hanya Untuk 10 Hari Kedepan!
Kenapa harus 10 hari? Konon katanya sih kalau sudah lewat 10 hari baceman bawang ini bakalan asam, gaes. Saya sih belum pernah coba, yak. Karena kalau buat belum 10 hari aja sudah abis, wkwk. Abisan masakan pakai baceman bawang ini enak banget sih. Jadi, ya gitu deh, sering banget saya pakai untuk ini itu. Jadinya cepat abis. Saya dapat tips ini dari sumbernya, bahwa bikin baceman bawang jangan banyak-banyak karena kalau kelamaan bisa jadi asam baceman-nya. Bikin enggak enak masakanmu nanti.
  • Bikin Malam Hari, Pagi Hari Sudah Bisa di Pakai
Bikin baceman bawang malam terus paginya di pakai enggak apa-apa kok. Enggak perlu nunggu 2-3 hari juga. Sudah enak meski didiamkan-nya enggak lama, hanya beberapa jam aja dari malam ke pagi hari. Jadi, enggak perlu khawatir tunggu lama-lama yes, hehe.
  • Bisa Menggunakan Wadah Apapun yang Penting Kering dan Tertutup Rapat

Enggak harus toples kaca atau tupperware yang bening. Pakai wadah apa aja bisa asalkan kering dan tertutup rapat. Insyaallah, baceman bawang akan nikmat digunakan ketika masak. Intinya itu aja sih, kering dan tertutup rapat. Setelah digunakan, jangan lupa tutup rapat kembali baceman bawang, ya.

Ini Loh Sumber Resep Baceman Bawang

Awalnya saya enggak kenal sama foodstagram ini. Berhubung teman saya ada yang mengikuti sosial medianya jadinya saya pun jadi followers sejatinya di instagram. Wah, ternyata resep-resep yang ada di sosial medianya mudah banget loh untuk diikuti. Saya beberapa kali sudah mencobanya dan Alhamdulillah beneran enak resepnya. Masyaallah.

Meski kadang ada yang failed (tapi ini murni kesalahan saya bukan resep dari foodstagram ini, wkwk) karena saya terlalu banyak maunya. Tapi, kebanyakan sih resepnya enak dan mudah diaplikasikan buat saya yang tak bisa masak. Senang banget setiap hari dapat resep gratis, Alhamdulillah.

Penasaran banget siapa sih foodstagram ini? Nah, ini dia nama instagram-nya : anitajoyo.

Silahkan gaes follow instagram-nya, banyak resep yang oke punya dan guampang banget cara buatnya loh. Salah satu resep favorit saya ya baceman bawang ini, hihi. Bisa diaplikasikan di masakan apa saja dan bikin makanan enak'e puol, sudah buat saya bahagia banget. Iya, emang bahagia itu sederhana. Sesederhana bisa masak makanan enak buat suami *ciyeee, wkwk.

Terima kasih banyak Mba Anita Joyo atas postingan di instagram-nya yang sangat bermanfaat. Semoga saya pun juga bisa menebar manfaat seperti beliau. Aamiin.

Nah, itu tadi salah satu bumbu dapur yang bisa membuat masakan kamu bisa lezat. Kamu juga punya bumbu dapur yang oke punya enggak? Coba dong bisik-bisik bumbu dapur warisan kamu, siapa tahu bisa saya coba di masakan saya yang selanjutnya, hihi.

Salam,

Comments

  1. Praktis ya ini baceman bawangnya..pengen nyoba.
    Memang memasak perlu belajar berulang ulaang baru agak bisa.ngintip resep sekarang juga makin mudah di Instagram.makin semangat masak dong mbak steff

    ReplyDelete
  2. Aku sukak pake resep ini juga mba, irit waktu dan tenaga tiap kali mau masak wkwkwk. Maklum simbok rempong. Etapi aku taunya wadahnya harus kaca euy, ternyata bisa ya pake yang plastik juga. Sip thanks infonya ya

    ReplyDelete
  3. Terima kasih utk resep bacem bawangnya. Aku jadi mau bikin, supaya lebih praktis dan wangi utk setiap masakan ��

    ReplyDelete
  4. Suami suka rajin bikin gini mbak tapi ya aku nyebutnya bumbu bawang aja hehe. Praktis emang jadi perasa buat setiap masakan jadi ga perlu bikin bumbu bawang lagi, eh maksudnya bacemam bawang hehe

    ReplyDelete
  5. Weleh, aku pengikut Mbak ANita Joyo juga duonk. Khas banget postingan sama caption-nya itu. Dan entah kenapa aku tuh udah tahu soal baceman bawang ini sejak lama. Tapi kok ya nggak bikin2, wkwkwk.
    Yawis aku bikin deh. Sapa tau mendadak jadi chef. :D

    ReplyDelete
  6. Owh, pantesan masaka. Saya enak, wkwkwk, kata suami saya loh ya, saya kalo masak pake bawang putih yang beginian. Tapi nggak pake minyak jadi kurang tahan lama. Nanti nyoba pke minya ah hehe biar awet

    ReplyDelete
  7. Sering dengar namanya, baceman bawang. Katanya, ini rahasia enaknya nasi goreng abang2. Ntar dipraktekin kalau beli bawang putih lagi. Setelah itu, kamu harus coba masakanku....

    ReplyDelete
  8. Belom pernah coba Mbak..praktis ya pas buat saya yang ke dapur cuma 10 menit saja...sreng sreng mateng kwkwkw
    Tumis, sop, sayur bening..gitu mulu..huhuhu
    Baiquelah, nanti aku coba bikin baceman bawang ini

    ReplyDelete
  9. Waah..saya biasa nyimpen seperti itu. Soalnya pagi2 kudu udah masak, buat anak bekel.maksi. tapi baru tau klo itu namanya baceman bawang. Makasih infonya Mba Steffi, jd tau namanya..hehe

    ReplyDelete
  10. disimpen di kulkas atau ditaro di suhu ruang mbak nyimpennya? oiya, salam kenal ya, terimakasih share nya ^^

    ReplyDelete
  11. waaaah aku belum pernah coba baceman nanti mau coba masak di rumah ah :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya. Terima kasih telah meninggalkan komentar.

back to top