Monday, October 1, 2018

# belajar blog # blogger

Perkenalan Tentang Blog Untuk Pemula (Training Blogger Estrilook)

Hi, Sobat Blogger!


Masih banyak pasti yang masih bingung bagaimana caranya membuat blog. Sebenarnya banyak kok tutorial yang diberikan oleh para mastah-mastah per-blog-an. Namun, terkadang memang tak mudah jika hanya melihat tutorial yang dibuat, pasti tetap saja ada kita butuh tempat bertanya supaya enggak bingung, ya ‘kan?

Tetapi sebelum kita membuat blog, saya akan menjelaskan teori singkat mengenai blog dulu ya. Mohon bersabar dan kita belajar pelan-pelan supaya semuanya mengerti dan enggak bingung. Nah, langsung aja yuk kita simak materi pertama tentang perkenalan blog untuk pemula berikut ini :

1. Apa sih blog itu?


Blog adalah kependekan dari web log yang berisi konten seperti opini, pengalaman, atau aktivitas penulis (Sumber: Hubspot).
Blog merupakan salah satu jenis website. Biasanya blog dipunyai untuk individu  atau perorangan, tetapi bisa juga untuk beberapa penulis dalam satu blog. Konten yang biasanya diisi oleh blog berupa tulisan atau posting-an dan selalu update setiap saat karena bentuk blog selalu dinamis. Untuk isi tulisan biasanya bahasanya lebih santai dan lebih personal. Blog bisa ditulisi apapun tergantung oleh pemilik blog ingin mengisi konten seperti apa.

2. Manfaat mempunyai blog

Banyak manfaat blog yang bisa dirasakan oleh kita, untuk seorang penulis blog bisa menjadi ladang belajar menulis yang sangat baik. Apalagi di blog kita bisa menulis konten apapun yang kita senangi. Dengan rutin menulis, minimal seminggu 2-3 tulisan setiap hari tentu sudah membuat kita semakin lihai dalam menulis. Tidak usah malu jika tulisan kita masih belum baik, terus saja menulis karena tulisan yang bagus itu bisa tercipta dengan rajin menulis setiap saat.


Manfaat blog lainnya bisa menjadi penghasilan untuk kita. Biasanya blog yang aktif akan mudah diajak kerjasama oleh sebuah layanan produk yang meminta kita untuk me-review atau sekedar content placement (CP) di blog punya kita. Tentu, ini bisa menjadi salah satu ladang rezeki memiliki blog. Namun, untuk pemula hal ini jangan dijadikan patokan ya, yang terpenting kita terus menulis dan aktif di blog serta sering blog walking (BW) kepada sesama komunitas.

3. Apa fungsi blog?

Blog berfungsi sebagai tempat untuk kita memberikan berbagai macam informasi yang baik dan positif kepada para pembaca. Tulisan dalam blog yang baik dan enak dibaca serta gambar yang menunjang akan disenangi oleh para pembaca di blog kita. Untuk itu, baiknya sering melatih diri untuk terus menulis dengan baik supaya tulisan kita semakin enak dibaca dan membuat pengunjung betah.


Selain itu, fungsi blog yang lain adalah blog dapat dipasangi oleh iklan. Iklan ini juga salah satu penambang penghasilan untuk kita. Jika pengunjung sering datang dan banyak yang klik iklan yang kita tayangkan di blog tentu, penghasilan dari iklan tersebut akan semakin banyak. Saat sudah memenuhi standar dari google, uang tersebut bisa di transfer ke rekening yang kita berikan kepada google. Asyik banget ‘kan?

4. Mengenal platform blog yang gratis

Platform blog yang gratis dan terkenal dari dulu ada 2 yang sering sekali digunakan oleh para blogger yaitu Blogspot dan Wordpress. Kedua platform gratis ini sangat populer karena mudah untuk digunakan dan user friendly. Untuk kamu sebagai blogger pemula bisa menggunakan kedua platform ini ya.
  • Mengenal Blogspot
Sumber : lifewire.com

Blogspot adalah platform blog gratis yang paling populer dan yang paling mudah digunakan. Blogspot ini juga langsung terhubung dengan google dan gmail. Jadi, tentu lebih mudah digunakan saat login karena hanya perlu masukkan akun gmail kita saja. Belum lagi banyak pendukung widget yang dapat membuat blog kita jadi semakin bagus dan ciamik.
  • Mengenal Wordpress
Sumber : wordpress.org

Wordpress adalah salah satu platform blog gratis yang memiliki banyak plugin pendukung yang sangat baik. Wordpress banyak digunakan oleh para blogger yang lebih ahli karena Wordpress ini bisa dikatakan agak lebih rumit dibandingkan blogspot. Makanya untuk pemula biasanya menggunakan blogspot lebih baik dibandingkan Wordpress. Tetapi, balik lagi itu semua tergantung selera jika memang lebih nyaman menggunakan Wordpress bisa menggunakan platform ini.

5. Mengapa harus menentukan niche blog?

Niche penting untuk sebuah blog karena itu salah satu karakteristik blog yang kita punya. Dengan semakin spesifik blog yang kita punya akan lebih memudahkan kita fokus dalam suatu konten yang kita senangi. Jadi, kita pun enggak bingung lagi ingin membahas apa karena tidak campur-campur di dalam blog. Selain itu, pembaca kita pun bisa lebih spesifik dan membuat blog kita semakin terkenal dengan niche yang kita pilih. Misal, blog kita akan diisi dengan perjalanan, tentu niche blog kita akan seputar traveling. Nah, ini sangat bagus untuk para pembaca, saat akan mencari rekomendasi tempat jalan akan langsung ke blog kita karena niche blog kita traveling seperti ini.


Namun, untuk kamu yang sebagai pemula, tak apa untuk mengisi banyak konten dan campur-campur dalam satu blog. Lifestyle blogger adalah salah satu blog yang memang masih berisi blog campur-campur,  yang paling penting untuk blogger pemula adalah harus tetap rajin posting di blog. Jika sudah mulai rajin, nanti akan kerasa kok, kita lebih suka membahas apa. Nah, setelah itu, kita bisa membuat blog baru lagi yang sesuai niche yang kita mau, tetapi jika tak mau buat blog baru dan ingin di blog lama juga tak apa kok. Intinya aktif menulis di blog ya.

6. Aktif nge-blog dengan gabung komunitas

Bergabung komunitas akan membuat kita semakin aktif menulis karena biasanya banyak yang rajin untuk aktif menulis dan saling blog walking (BW). Semakin banyak yang mampir untuk blog walking di blog kita tentu akan semakin meningkatkan pengunjung kita di blog. Ini sangat baik karena google akan menilai blog kita aktif dan bisa membuat banyak pengunjung dari mana saja saat mencari di mesin pencari.


Nah, jadi jangan malas menulis di blog. Banyak kok konten yang bisa kamu tulis di blog. Apalagi jika kamu masih menjadi lifestyle blogger tentu konten yang kamu tulis masih campur-campur dan itu akan membuat kamu bisa menulis apapun di blog tanpa pusing memikirkan konten-nya.  Selain itu, dari komunitas terkadang kita juga bisa saling memberikan kabar lomba blog atau pun pekerjaan yang berhubungan dengan blog.

7. Hati-hati terhadap hak cipta


Kita juga perlu berhati-hati dengan hak cipta. Saat kita mengambil foto orang dan itu bukan dari website gratis seperti pexels, pixabay dan unsplash tentu harus menuliskan sumber foto. Banyak kejadian saat ada yang mengambil foto orang tetapi tidak memberikan sumber, para blogger ini terkena sanksi hak cipta. Jika, itu foto dokumentasi asli kita, ada baiknya kita memberikan nama kita di setiap fotonya. Supaya tak mudah diambil dan diakui oleh orang lain.

Itulah beberapa hal mengenai blog untuk pemula. Saat kita mempunyai blog memang ada beberapa hal yang perlu kita pahami supaya tidak bingung dalam mengembangkan blog kita nanti. Kita tak pernah tau siapa tau suatu saat blog kita bisa memberikan tulisan-tulisan yang bermanfaat untuk banyak orang tentunya tanpa melanggar hak cipta. Jadi, kita harus pahami setiap hal tentang blog ya supaya enggak terjadi hal yang tak diinginkan. Terima Kasih.

Jika semua teori telah dipahami, langsung ke Tutorial Membuat Blog Secara Gratis Dengan Menggunakan Blogspot (Training Blog Estrilook) ya!

*tulisan ini dibuat untuk Training Blog Pemula di Estrilook

Salam,
 steffifauziah

2 comments:

  1. Blogku nichenya masih gado gado mbaaa, maruk apa apa ditulis, xixixixix

    Btw ini kalo komen belum bisa pake url ya mb?

    http://www.innaistantina.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp saya juga masih ketoprak wkwk. iyes mba sekarang udah bisa maapkeun hehe.

      Delete

New Post

4 Tips Untuk Selalu Super Hati-Hati Saat Akan Menjadi Kontributor di Sebuah Penerbit Indie, Pengalaman Pahit Saya Ini Semoga Bisa Menjadi Pelajaran Kita Semua, Ya!

Hai, Sobat Blogger! Dari judulnya berasa banget ya ada yang enggak enak, hihi . Iya, ini pengalaman pribadi saya yang tak pernah saya p...

Follow Me @steffifauziah

Instagram Feed