steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Ada 7 Ciri-Ciri Negara Berkembang, Ternyata Jumlah Pengangguran Tinggi!

Halo, Sobat Blogger!

Ciri-ciri Negara Berkembang

Apa itu negara berkembang? Pengertian negara berkembang adalah suatu istilah yang digunakan untuk mengelompokkan negara yang memiliki tingkat kesejahteraan rendah. Dengan ditandai tingkat perekonomian yang masih rendah serta belum menguasai banyak ilmu pengetahuan dan teknologi.

Negara berkembang juga bisa diartikan sebagai negara yang memiliki taraf kehidupan dan kesejahteraan hidup yang relatif rendah dibandingkan dengan penduduk di negara maju. Selain itu, negara berkembang juga memiliki sarana prasarana yang belum memadai mulai dari sektor sosial, ekonomi, hingga infrastruktur.

Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai pengklasifikasian negara berkembang, kamu harus mengetahui terlebih dahulu ciri-cirinya. Berikut ciri-ciri negara berkembang yang perlu diketahui, yaitu :

1. Rendahnya Tingkat Pendapatan Per Kapita

Pendapatan per kapita sebuah negara bisa diketahui dengan cara membagi pendapatan nasional dengan jumlah penduduk. Negara berkembang memiliki tingkat pendapatan per kapita yang rendah, di mana pendapatan per kapita ini merupakan nilai rata-rata dari pendapatan penduduk di suatu negara.

Hampir separuh negara di dunia termasuk golongan negara berkembang karena tingkat pendapatan per kapitanya rendah.

2. Angka Kelahiran Yang Tinggi

Ciri-ciri Negara Berkembang

Angka kelahiran di negara berkembang tinggi sehingga memiliki jumlah penduduk yang banyak. Ada banyak faktor yang menyebabkan tingginya laju pertumbuhan penduduk di negara berkembang seperti kurangnya sosialisasi keluarga berencana. Selain itu, pernikahan dini dan rendahnya tingkat pendidikan menjadi pendorong tingginya angka kelahiran. Dan masih banyak faktor lainnya.

3. Tingkat Korupsi Tinggi

Negara berkembang memiliki tingkat korupsi yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara maju. Korupsi sendiri merupakan perilaku sangat keji yang masih tetap mengakar di pemerintahan suatu negara. Tingginya tingkat korupsi tersebut tentu akan memberikan dampak buruk pada perekonomian negara.

4. Impor Barang Lebih Besar Daripada Ekspor

Ciri-ciri Negara Berkembang

Besarnya jumlah impor barang dibandingkan ekspor menjadi ciri-ciri negara berkembang selanjutnya. Dilakukannya impor tersebut saat negara sedang mengalami keterbatasan teknologi dan keahlian sehingga perlu membawa barang dari negara lain agar kebutuhan negara terpenuhi.

Saat melakukan impor, maka artinya suatu negara harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Tentunya hal tersebut akan berimbas juga pada kesejahteraan penduduknya.

5. Kedisiplinan Penduduknya Kurang

Ciri – ciri negara berkembang berikutnya adalah tingkat kedisiplinan penduduknya masih rendah. Penduduknya memang belum terbiasa disiplin dan hal itu belum menjadi budaya sehingga tidak jarang masih ditemukan banyak pelanggaran kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai solusinya, dibutuhkan peran pemerintah terutama pimpinan negara yang tegas dalam menegakkan aturan agar mental penduduk berubah menjadi selalu disiplin.

6. Tingginya Jumlah Pengangguran

Jumlah pengangguran di negara berkembang terbilang tinggi. Angka kelahiran yang semakin banyak mengakibatkan persaingan di dunia kerja juga akan makin tinggi.

Akibat kondisi tersebut, negara berkembang tidak akan mampu menyediakan lapangan pekerjaan yang layak untuk menampung jumlah pengangguran yang sangat banyak. Selain itu, tingkat pendidikan yang rendah juga merupakan faktor penyebab jumlah pengangguran di negara berkembang tinggi.

7. Tingkat Pendidikan Rendah

Ciri-ciri Negara Berkembang

Tingkat pendidikan yang rendah merupakan ciri-ciri negara berkembang selanjutnya. Tingkat pendidikan rendah sering kali sebanding dengan laju pertumbuhan penduduk yang tinggi.

Tidak heran memang jika kedua faktor tersebut akan mempengaruhi pendapatan per kapita suatu negara. Selain itu, rendahnya tingkat ekonomi di negara berkembang mengakibatkan jumlah fasilitas pendidikan yang memadai kurang.

Kondisi itulah yang mengakibatkan negara berkembang memiliki tingkat pendidikan yang tergolong rendah dan sulit bersaing.

Itu tadi tujuh ciri-ciri negara berkembang. Dari ketujuh itu, kita dapat mengetahui negara mana saja yang masih belum maju. Salah satunya negara Indonesia. Semoga saja ke depannya Indonesia dapat menjadi negara maju. Yuk, kita doakan bersama. Aamiin.

Salam,

steffifauziah

Comments