steffifauziah's blog

Writing with Heart, Love, and Feel Happy!

Nge-Whatsapp via Desktop, Kuy!

Hola, Sobat Blogger!


Whatsapp menjadi salah satu tempat chating yang sangat populer nih. Termasuk saya yang sering banget menggunakan whatsapp untuk bertukar pesan. Wah, kalau sudah whatsapp-an kadang suka lupa waktu kebanyakan curhat *eh curhat apa gosip di whatsapp, wkwk. Ya, jangan gosip, ya. Kurang-kurangi nanti pahalanya ilang ngomongin orang terus, heu. Reminder buat diri sendiri, hihi.

Pakai aplikasi chating satu ini memang sangat asyik sih. Meski kadang suka nge-hang jika kebanyakan grup, wkwkwk. Tapi tak masalah, yes. Tetap aja whatsaap menjadi salah satu aplikasi chating yang banyak peminatnya, uhuy.

Waktu dulu zaman saya sekolah aplikasi chating hanya ada e-buddy. Siapa yang suka main e-buddy kaya saya? Hehe. Aplikasi chating ini juga sangat simpel. Daftarnya hanya masukkan email dan password. Lalu, tinggal edit username dan add contact teman-teman dari list kontak di handphone. Setelah itu bisa langsung chating deh.

Perasaan bisa chating begitu aja sudah senangnya minta ampun, yes *apa saya doang yang begitu, wkwkwk. Zaman masih sering beli pulsa untuk SMS dari pada beli kuota internet, hehe. Duh zaman lampau banget. Sudah 10 tahun yang lalu zaman saya SMA, duh ketahuan deh sudah beranjak dewasa sekarang saya bilang aja tua, wkwk.

Nah, di zaman sekarang mah tentu chating bukan lagi suatu hal luar biasa, ya. Karena teknologi zaman sekarang begitu maju, chating yang dulunya hanya bisa pakai desktop contohnya seperti MIRC. Sekarang hanya dalam genggam saja sudah bisa, seperti Whatsapp. Masyaallah.

Tapi whatsapp sekarang enggak cuma di handphone saya loh. Bisa via desktop atau komputer. Bisa download aplikasinya atau langsung lewat website. Bebas sesukamu. Belum tahu? Nah kalau belum tahu sini saya kasih tahu caranya, hihi. Eh, tapi sebelumnya saya mau ngasih tahu dulu alasan menggunakan whatsapp via desktop. Simak ulasannya dibawah ini, ya.

Alasan Menggunakan Whatsapp via Desktop

Ada beberapa alasan yang menurut saya penting untuk dijabarkan disini. Dikarenakan menggunakan whatsapp via desktop ini sangat membantu loh. Terutama untuk kita-kita yang memiliki pekerjaan atau bisnis via whatsapp. Apa saja ya alasannya? Ini loh.

1. Memudahkan Berkirim Data

Ke bayang enggak ribetnya mau kirim data yang ada di desktop ke whatsapp tapi enggak ada whatsapp via desktop. Kebelinger? Ya jelas lah, hehe. Saya pernah nih, sebelum tahu ada whatsapp di desktop. Jadi si data sama email dulu, terus saya buka email via handphone. Setelah itu baru ke whatsapp. Heu, ribet! Nah, makanya dengan menggunakan whatsapp via desktop jadi lebih mudah.

Urusan pekerjaan jadi cepat beres. Kita pun jadi bisa istirahat sambil nonton drakor, wkwkwk. Duh, duh lagi banyak drakor baru yang bikin mupeng di tonton nih, gaes. Lah, ujung-ujungnya bahas drakor, hehe.

2. Layar Lebih Besar

Yap, ini mah pasti, ya, hehe. Pakai desktop akan lebih memudahkan penglihatan hehe. Bukan berarti penglihatan saya kurang. Tapi tetap aja melihat yang lebih luas lebih disukai daripada kecil-kecil. Jadi, ketika buka laptop pasti sudah sepaket deh sama whatsapp via desktop. Tak ketinggalan saya buka, hehe.

3. Fitur di Desktop dan di Handphone Tak Terlalu Beda

Fitur di desktop dan di handphone sama aja sih, enggak banyak beda. Paling di setting-an aja ada beberapa yang beda. Sisanya kalau untuk lihat status, search grup, bikin grup, leave grup, kirim foto, kirim data, dll semua sama hampir enggak ada yang beda. Jadi, kenapa enggak menggunakan whatsapp via desktop.

4. Memudahkan Chating Sambil Mengerjakan Tugas di Desktop

Nah ini, hehe. Saya tuh suka bosan kalau mengerjakan sesuatu fokus satu kerjaan doang. Pasti pengen tiba-tiba liat chat atau ngapain gitu. Sekalian kan multitasking, hehe. Jadi mengerjakan tugas selesai, tapi chating tetap jalan. Yuhu, siapa yang kaya begini juga? Hehe

5. Lebih Cepat Membalas Chating dengan Keyboard Desktop

Iya bener ini mah, kalau di handphone kan keyboard-nya cenderung kecil. Terus ujung-ujungnya kena typo. Kesel bin sebel, wkwkw. Pernah ya lagi buru-buru mau bales tapi hampir semua yang ditulis typo semua, heu. Kuharus les ngetik cepat di keyboard handphone tanpa typo ini, wkwkw. Makanya lebih suka via desktop karena kemungkinan typo-nya sedikit. Apalagi pakai 10 bayangan *eh bukan lah, wkwk* 10 jari maksudnya. Jadi, makin cepat deh chating-nya, hehe.

Chating di Whatsapp Web

Dari beberapa alasan menggunakan whatsapp via desktop diatas, mana nih alasan kamu? Kalau alasan saya karena memudahkan chating sambil mengerjakan tugas. Yap, karena saya suka multitasking. Jadi, kalau sedang chating terus orang tersebut balasnya enggak langsung, saya bisa sambil ngeblog, menulis naskah atau yang lainnya. Selain itu, saya lebih suka menulis chat lewat keyboard laptop lebih cepat dibandingkan keyboard di handphone, hehe

Yasudah, langsung aja yuk ikuti langkah mudah ini untuk menggunakan whatsapp web. Check this out :


2. Scan Barcode menggunakan whatsapp by phone


Langkah untuk Pengguna IOS ke Setting > Whatsapp Web/Desktop > Scan QR Barcode

Setting di Whatsapp IOS

Scan QR Code

Arahkan ke Scan Barcode

3. Otomatis langsung masuk ke chating whatsapp


4. Selamat! Kamu tinggal chating seru bersama teman-temanmu, deh!

Yuk, mulai chating lewat whatsapp web!

Download Whatsapp via Desktop

Tak beda jauh sebenarnya dengan whatsapp via web. Tapi enaknya via desktop tuh, enggak perlu tambah-tambah tab di browser. Apalagi jika kita banyak buka tab di browser. Duh, pusing sendiri mau bales whatsapp, hehe. Nah, makanya saya prefer pakai whatsapp via desktop ini. Tinggal download aja. Download-nya juga simpel banget enggak pakai ribet, hihi. Penasaran? Yuk, kita cus cek langkah-langkahnya, yes.


2. Atau bisa di download ketika buka whatsapp via web. Klik "Get it Here"


3. Setelah klik "Get it Here" akan masuk ke website whatsapp


4. Klik "Download For Windows (64-bit)"

Hanya untuk windows 64 bit

5. Setelah itu tunggu proses download selesai

Sampai selesai terdownload sempurna seperti ini

6. Klik buka pada "WhatsappSetup.exe"


7. Whatsapp akan otomatis ter-instal di desktop kamu.

8. Lalu, scan barcode seperti whatsapp via web

Tampilan whatsapp via desktop

Tips Chating di Whatsapp via Desktop

Untuk yang masih bingung chating whatsapp via desktop, enggak usah khawatir. Ada beberapa tips yang akan saya jelaskan disini. Mungkin beberapa sobat blogger sudah khatam, yes tentang whatsapp via desktop ini, hihi. Kalau ada kekurangan tau kesalahan feel free kasih tahu saya, yes. Nah, kira-kira apa saja sih tips chating di whatsapp nih?

1. Tak Ada Tombol Enter

Buat yang masih bingung bagaimana cara enter di whatsapp desktop. Mudah saja tinggal Shift + Enter di keyboard komputer. Nah semudah itu kok untuk membuat baris baru di pesan. Sekarang coba deh dan rasakan keajaiban-nya, wkwkw lebay pisan sayah, heu.

2. Search Pesan di Whatsapp Desktop

Menurut saya fitur search pesan di tombol desktop lebih runut karena ada jam yang menjadi patokannya dibanding pakai handphone. Jadi, tips selanjutnya adalah jika ingin search pesan mana yang paling akhir lebih baik cari di whatsapp desktop aja. Selain itu, search pesan di grup lebih jelas fitur ikon-nya, dibanding di handphone yang ngumpet, hihi.

3. Pastikan Handphone Connect dengan Whatsapp

Jika handphone kita tak connect dengan whatsapp, otomatis whatsapp via desktop juga tak bisa connect. Jadi, sekali lagi pastikan bahwa handphone-mu ter-connect dengan whatsapp. Oke? Silahkan di coba.

Itu tadi penjelasan nge-whatsapp via desktop. Kamu sudah sering menggunakan whatsapp via desktop? Menurut kamu bagaimana? Setuju enggak sama alasan saya diatas, hihi. Oh, iya jika kamu punya tips-tips lain untuk whatsapp via desktop boleh banget untuk di sharing di kolom komentar, ya. Selamat praktek dan semoga bermanfaat.
Salam,

Comments

  1. Aku juga lumayan sering pakai WA via PC mbak, hehe. Terutama kalau berurusan dg unggah-unduh berkas. Chatting yg berisi tautan (link) juga bagi saya lebih asyique diklik kalau pakai PC. Hm. Tapi buat saya WA Web dan WA aplikasi dekstop. Yang satu kebanyakan tab. Yang satu kebanyakan jendela. Hihi. Pilihan masing2.

    ReplyDelete
  2. Pernah pengen coba wa via web atau desktop, karena mesti konfirmasi scan kyk gitu, aku kok malah jd gagal coba hehe, makasih tipsnya mba

    ReplyDelete
  3. Aku kenapa selalu gagal ya kalo wa via web gini, ampe pusying sendiri, tips nya perlu aku coba nih..mungkin langkah2 nya ada yg terlewat

    ReplyDelete
  4. Saya udah sering tpi biasanya pake chrome mbak.. Kalau donlod begini belum, Wah boleh dicobaa

    ReplyDelete
  5. Belum tahu dan coba. Sptnya asyik jg bs mengerjaksn tugas sambil chatting. Boleh dicoba. Terima kasih unfonya

    ReplyDelete
  6. Saya udh pernah juga buka WA di laptop

    ReplyDelete
  7. mbak Steffi, ini langsung aku praktekkan di komputer rumah loh. Dan ternyata blog walking di layar gede gini puas banget. Ngetiknya jadi cepet juga. Makasih banyak ya mbak, tutorialnya yang detail ini. Sesuai yang kubutuhkan hihi

    ReplyDelete
  8. Saya sudah lama pakai wa web, bener, memudahkan banget, tapi klo pas di luar kayak sekarang, tetep, bisanya pakai hp... paling sebel kalau sebentar2 keluar, mau komen aja jadi lamaaa... ­čśş

    ReplyDelete
  9. Kalo BW kan aku sukanya kayak gini mbak pake WA desktop mba biar bisa langsung buka semua tinggal dicomment deh hehe

    ReplyDelete
  10. Aku tahu WA di dekstop dari suami mba. Memang menguntungkan banget. Uhuy... tapi aku baru tahu nih ternyata untuk buat spasi tinggal tekan sift dan enter ya. Ah, thanks mba infonya. Cz selama ini kalau haru enter aku buat dulu di outlook laku copy ke WA. Wkwkk... #gaptekbangetyaaku

    ReplyDelete
  11. Di bintangin dulu,, ntar nyoba pake WA dekstop
    Thanks infonya mb steffi bermanfaat sekali ��

    ReplyDelete
  12. Kalau di rumah buka wa ya pakai PC. Apalagi kalau ada urusan unggah berkas, lebih cepat tuh.

    ReplyDelete
  13. Terimakasih sharingnya Mbak Steffi. Pengen banget gunakan aplikasi ini. Soalnya hp udah kebanyakan grup­čśÇ­čśů

    ReplyDelete
  14. Wah perlu dicoba nih...mksh ya mb infonya wa by web...siipp bcne kudu pelan2 mklumm...hihi

    ReplyDelete
  15. Saya pernah nyobain WA via desktop/laptop. Waktu itu pake bluestack kayaknya. Lupa-lupa ingat. Tapi setelah punya si kecil, malah enakan pake hape. Soalnya ga bis terus-menerus di depan laptop. Kalo via hp kan tinggal klik dikit pas anak anteng, hehe.

    As usual, Mbak Steffi emang rajin bertutorial. Step-step-nya rinci banget. Sip.

    ReplyDelete
  16. Sudah dong. Kalau ini aku udah sering banget cobain. Emang lebih enak sih. Kecuali lagi pingin khusyuk nulis, semua notif hp mati, trus nggak pasang wa web juga.

    ReplyDelete
  17. Saya sering make wa via PC mba soalnya kadang males buka buka hp kalo.di depan laptop, jadi lebih praktis aja tinggal geser2 mouse tanpa lihat2 hp

    ReplyDelete
  18. kalo pake wa.web udah sering, aku baru tau nih kalo ada yang versi desktopnya. Aku langsung donlot mbaa :D

    ReplyDelete
  19. Kupernah menggunakanny th 2016 pas hape error
    Semua sisi positifny aku sepakat mb
    Cuma jd enggak mobile plus bisa dibaca orang las kita lg wa-an krn layarny lebarr
    Xixixi

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve komentar kamu, ya.

back to top